Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Ditinggal Puluhan Juta Pengguna, Threads Siapkan Banyak Fitur Baru Untuk Pikat Netizen

Peluncuran dua fitur baru ini dilakukan Zuckerberg usai Thread mengalami penurunan pengguna harian sebesar 82 persen dari awal peluncurannya

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ditinggal Puluhan Juta Pengguna, Threads Siapkan Banyak Fitur Baru Untuk Pikat Netizen
istimewa
Usai aplikasi Threads kehilangan pamor hingga mengalami penurunan pengguna, CEO Meta Mark Zuckerberg mulai melakukan gebrakan baru salah satunya dengan merilis beberapa fitur baru yang telah dinanti – nanti para pengguna. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Usai aplikasi Threads kehilangan pamor hingga mengalami penurunan pengguna, CEO Meta Mark Zuckerberg mulai melakukan gebrakan baru salah satunya dengan merilis beberapa fitur baru yang telah dinanti – nanti para pengguna.

Dalam postingan Zuckerberg di akun Threadnya, sang CEO ini mengungkap bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan meluncurkan dua fitur baru yakni fitur search dan web untuk menyempurnakan tampilan aplikasi Thread pesaing Twitter.

Baca juga: Elon Musk Tolak Akses Ukraina ke Satelit Starlink dalam Rencana Serangan Drone ke Krimea

“Threads, aplikasi pesaing Twitter itu akan kedatangan fitur pencarian yang lebih lengkap (search) dan dukungan di web dalam beberapa pekan kedepan," kata Zuckerberg.

Peluncuran dua fitur baru ini dilakukan Zuckerberg usai Thread mengalami penurunan pengguna harian sebesar 82 persen dari awal peluncurannya. Dimana saat itu jumlah pengguna aktif harian Threads mencapai 100 juta orang.

Mengutip dari CNBC International penurunan ini terjadi lantaran memudarnya fomo masyarakat dunia pada layanan baru Zuckerberg.

Tak hanya itu para netizen menilai apabila aplikasi Twitter lebih nyaman di gunakan ketimbang Thread yang menawarkan sejumlah kelebihan diantaranya seperti memungkinkan pengguna untuk melakukan login menggunakan akun Instagram yang sudah dimiliki.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut Threads sendiri dibekali fitur berbagi atau share. Sehingga pengguna bisa membagikan konten mereka melalui Story dan Feed Instagram atau ke aplikasi lainnya seperti Twitter.

Meski begitu, saat pertama kali meluncur aplikasi Threads kekurangan fitur pendukung, bahkan tak sedikit pengguna yang meminta Meta agar segera merilis fitur standar seperti feed following, trending topic, hashtag, terjemahan, dan lain-lain.

Baca juga: Masalah Baru? Meta, Microsoft, dan Merek Dagang Lainnya Juga Punya Nama X

Sayangnya hal tersebut tak kunjung dihiraukan oleh Zuckerberg, ini yang membuat para pengguna merasa bosan hingga akhirnya mereka berpaling meninggalkan Thread.

Penurunan Threads pertama kali terjadi pada tanggal 7 Juli, dimana saat itu jumlah pengguna Threads menurun turun jadi 49 juta. Sepekan kemudian tepatnya pada 14 Juli 2023 pengguna aktif harian Threads kembali anjlok jadi 23,6 juta hingga .

Threads Kalahkan Rekor Unduhan ChatGPT

Sebelum pengguna harian susut, aplikasi Threads kembaran dari Twitter pernah mengalami lonjakan pengguna hingga tembus mencapai 100 juta unduhan per Selasa (11/7/2023).

Lonjakan tersebut terjadi usai para netizen yang berbondong-bondong mengunduh layanan ini di App Store maupun Play Store. Berkat fomo ini jumlah pengguna Threads saat itu bisa melonjak tajam hingga sukses mengalahkan rekor unduhan aplikasi Artificial Intelligence ChatGPT yang sempat booming selama beberapa bulan terakhir.

Dimana rekor unduhan ChatGPT baru bisa mencapai 100 juta pengguna dalam waktu 3 bulan. Sementara Threads mampu memikat 1000 juta pengguna kurang dari sepekan pasca perilisan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas