Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Bikin Kebocoran Baterai Ponsel, Software iOS 17 Diprotes Pengguna iPhone

Banyak dari pengguna iPhone mengeluhkan performa baterai yang mendadak turun drastis usai menyematkan upgrade sistem iOS 17.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Bikin Kebocoran Baterai Ponsel, Software iOS 17 Diprotes Pengguna iPhone
Apple.com
Banyak dari pengguna iPhone mengeluhkan performa baterai yang mendadak turun drastis usai menyematkan upgrade sistem iOS 17. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Gebrakan baru terus dilakukan Apple untuk mendorong penyempurnaan pada perangkat besutannya, salah satunya dengan merilis sederet pembaruan anyar pada update iOS 17.

Sayangnya pasca melakukan upgrade ke sistem operasi teranyar itu, banyak dari pengguna iPhone mengeluhkan performa baterai yang mendadak turun drastis usai menyematkan upgrade sistem iOS 17.




Pengguna iPhone yang geram lantas menyuarakan keresahannya di laman media sosial Reddit, salah satu pengguna ponsel iPhone mengungkap bahwa sistem iOS 17 telah membuat baterai terkuras lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: Karyawan Apple di Prancis Mogok Kerja, Pengiriman iPhone 15 Terancam Diundur

“iOS 17 adalah pembunuh baterai. Sudah tidak sabar menyambut 17.0.1," ujar akun @it***moke.

Kasus seperti ini bukan kali pertama yang dialami oleh pengguna iPhone, sebelumnya pengguna iPhone juga mengeluhkan masalah serupa setelah melakukan upgrade pada perilisan iOS 15 dan iOS 16.

Pihak Apple sendiri hingga kini masih masih belum memberikan pernyataan terkait masalah performa baterai yang mendadak turun usai menyematkan upgrade sistem iOS 17.

BERITA TERKAIT

Namun menurut penjelasan analis AppleInsider yang dikutip dari Mashable, masalah ini terjadi lantaran iPhone yang baru di-upgrade akan memroses kembali (reindex) semua file. Karena proses reindex semua file pada iPhone memakan waktu yang cukup lama hingga berhari – hari.

Tak hanya itu proses memperbarui ke versi perangkat lunak terbaru juga membuat ponsel harus bekerja lebih ekstra, hal ini yang kemudian memicu penurunan performa bagi baterai iPhone.

Kelebihan iOS 17

Meski update iOS 17 memicu penurunan performa baterai di sejumlah gawai iPhone, namun iOS 17 menjadi salah satu software besutan Apple yang mengusung kecanggihan dari teknologi artificial intelligence (AI) yang dapat memanjakan para pengguna termasuk para penyandang disabilitas.

Di antaranya seperti fitur Personal Voice Advance Speech yang dapat membantu difabel tuna wicara untuk menerjemahkan tulisan ke bentuk suara saat pengguna melakukan panggilan suara.

Tak hanya itu Apple juga turut memamerkan fitur "Personal Voice" yang dapat menghasilkan suara sintesis untuk membantu difabel tuna wicara dalam melakukan komunikasi dengan keluarga dan teman.

Bagi penyandang disabilitas kognitif (cacat mental, autis, strok, gangguan jiwa) iOS 17 menghadirkan fitur Assistive Access yang dapat membantu berkomunikasi lewat media visual, seperti merekam video pendek. merancang ulang aplikasi seperti foto, kamera, atau music.

Sementara bagi penyandang tunanetra iOS 17 meluncurkan fitur "Point and Speak" yang dapat membacakan apa yang ditunjuk oleh pengguna dengan penglihatan buruk.

Adapula fitur Magnifier teknologi Lidar yang dapat membantu proses deteksi orang, deteksi pintu, serta membantu penyandang tunanetra membaca tanda dan simbol nomor gedung atau kantor.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas