Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Pasar Wanita di Industri Game 45 Persen, Agres Rilis Gaming for Ladies Corner

Saat ini game menjadi industri yang sangat menguntungkan dan terus berkembang dan menjadikan Indonesia menjelma sebagai pasar game terbesar di Asean

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pasar Wanita di Industri Game 45 Persen, Agres Rilis Gaming for Ladies Corner
AFP/RICHARD A. BROOKS
Pengunjung bermain game selama hari pratinjau Tokyo Game Show di Makuhari Messe di Kota Chiba, Prefektur Chiba pada 21 September 2023. Tokyo Game Show (TGS) tahunan akan dibuka untuk umum mulai 22-24 September. (Photo by Richard A. Brooks / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Saat ini game menjadi industri yang sangat menguntungkan dan terus berkembang dan menjadikan Indonesia menjelma sebagai pasar game terbesar di Asia Tenggara.

Jumlah gamers sekitar 100 juta orang dengan nilai Rp40 triliun saat ini. Capaian ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Sedangkan secara global, Indonesia masuk 16 terbesar, masih berada di bawah Jepang, Cina, Korea Selatan. Jumlah tersebut 80 persen berasal dari mobile game atau game yang dimainkan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Yang menarik, wanita merupakan salah satu pasar yang cukup besar untuk industri ini. Data tahun 2020 yang dirilis Niko Partners dan Google mengungkap bahwa gamer perempuan mengambil bagian 41 persen dari keseluruhan gamer di Amerika Serikat. Sementara itu di Asia, gamer perempuan mencapai 40-45 persen, dan keberadaan mereka terus bertambah.

Baca juga: Main Game Jadi Cara Cepat Pembalap Berkenalan dengan Sirkuit MotoGP India 2023

Menyikapi hal tersebut, PT Agres Info Teknologi (Agrees. id), toko ritel untuk pasar notebook merilis corner/sudut toko bernuansa pink dengan tema Gaming for Ladies. Terobosan yang menjadi pertama di Indonesia tersebut berlokasi pada salah satu outletnya di Pantai Indak Kapuk 2 di EDC Digital Complex. Dengan mengusung konsep RGB colour di sekeliling toko, impresi yang ditampilkan memberikan kesan ekslusif.

Menurut Direktur Agres Benny Susanto, segmen wanita cukup besar di industri ini. Meskipun didominasi pria, namun female gamers di pasar dalam negeri tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Kami selalu ingin memberikan kesan yang berbeda pada setiap pembukaan toko baru. Sehingga pada setiap momentum yang kami suguhkan selalu memberikan kesan baru dan unik. Untuk toko ini, Agres melihat bahwa banyak sekali female gamers yang hobi main game, maka dari itu kami menyuguhkan Gaming For Ladies corner,” ungkapnya di sela peresmian peluncuran toko, Jumat (22/9/2023.

Terobosan terbaru dengan nuansa pink tersebut akan menjadi pendorong pada pasar notebook di Indonesia, dengan menyuguhkan beragam lini produk terbaru, kompetisi, diskon dan hadiah-hadian selama periode pembukaan toko ini.

“Selama periode ini, kami juga akan menghadirkan beberapa female gamers seperti Linsyaa dan Clausiee yang tentunya akan membuat acara opening toko semakin ramai pengunjung di hari hari ke depan. Jadwal kehadiran mereka ini akan kami umumkan melalu media sosial Agres. id," ujarnya.

Benny menambahkan, para pemengaruh (influencer) bisa memanfaatkan fasilitas corner tersebut untuk membuat konten, live streaming, podcast dan sebagainya.

“Ini adalah showroom notebook pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas seperti ini. Jadi, silahkan dimanfaatkan dengan optimal bagi pengunjung atau masyarakat umum yang ingin menggunakan toko kami untuk konten-konten mereka," ungkapnya.

Baca juga: Update Hasil Final China Open 2023: Viktor Axelsen Juara, Kalahkan Wakil Tuan Rumah Straight Game

Pembukaan toko Agres di PIK 2 ini merupakan outlet ke-120 di Indonesia. PT Agres Info Teknologi sendiri diperkirakan akan menjadi pusat laptop termuka di Asia, jika dilihat dari banyaknya terobosan dalam memberikan pengalaman berbelanja yang memukau dalam ranah industri notebook.

“Kami juga selenggarakan demo Samsung ARC saat pada toko kami yang di PIK2. Dan sepertinya baru Agres yang punya unit tersebut saat ini,” ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas