Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Jiplak Twitter, Aplikasi Threads Luncurkan Fitur Trending Topic

Meta mulai gencar menambahkan sejumlah pembaharuan baru untuk Threads, salah satunya dengan meluncurkan .

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Jiplak Twitter, Aplikasi Threads Luncurkan Fitur Trending Topic
Business Insider
Meta meluncurkan fitur trending topic yang dapat membantu pengguna mencari topik yang banyak dibicarakan di dalam platform. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA – Pasca dirilis pada Agustus 2023 lalu, Meta mulai gencar menambahkan sejumlah pembaharuan baru untuk Threads, salah satunya dengan meluncurkan fitur trending topic yang dapat membantu pengguna mencari topik yang banyak dibicarakan di dalam platform.

Munculnya fitur trending topic pada aplikasi Thread diketahui publik usai salah seorang karyawan Meta secara tidak sengaja mengunggah screenshot yang menunjukkan tampilan fitur trending topic di aplikasi Threads.

“Tangkapan layar tersebut pertama kali ditemukan oleh pengembang Willian Wax setelah diposting ke Threads oleh karyawan Meta. Meski postingan aslinya dengan cepat dihapus, namun Max berhasil mengambil gambar tersebut,”jelas laporan yang dikutip dari 9to5mac.

Dari screenshot yang diunggah, tampilan fitur trending topic pada aplikasi Threads tampak mirip seperti trending topic milik Twitter yang telah berganti nama jadi platform X.

Dari segi fungsi fitur trending topic Threads menampilkan daftar topik yang banyak dibicarakan serta jumlah postingan terkait topik tertentu.

Meski fungsi fitur trending topic pada aplikasi Threads memiliki penomoran, akan tetapi urutan trending topic ini sepertinya acak.

BERITA TERKAIT

Posisi topik 'Loki Season 2' dengan 91 ribu threads berada di peringkat empat, sedangkan 'Drake - For All The Dogs' berada di posisi teratas dengan 59,4 ribu threads.

Baca juga: Ditinggal Puluhan Juta Pengguna, Threads Siapkan Banyak Fitur Baru Untuk Pikat Netizen

Juru bicara Meta hingga kini masih enggan untuk memberikan komentar terkait bocornya tampilan fitur trending topic pada aplikasi Threads. Seperti yang diketahui, peluncuran fitur anyar pada aplikasi Thread bukanlah kali pertama yang dilakukan Meta.

Sebelumnya, Mark Zuckerberg telah merilis layanan Thread versi web, serta menambahkan beberapa fitur anyar yang dapat menunjang aktivitas pengguna di aplikasi Thread seperti menyematkan umpan tinda, serta kemampuan untuk memverifikasi tautan dengan profil Mastodon.

Baca juga: Popularitas Threads Meredup, Belum Ada Sebulan Pengguna Aktif Aplikasi Ini hanya 23,6 Juta

Sayangnya sejumlah pembaruan ini mendapat banyak kritikan publik lantaran Thread terlihat jelas menjiplak platform X.

Para analis meyakini strategi seperti ini sengaja dilakukan CEO Meta Mark Zuckerberg untuk menarik perhatian netizen usai Threads kehilangan pamor hingga mengalami penurunan pengguna harian sebesar 82 persen dari awal peluncurannya.

Baca juga: Cara Gunakan Aplikasi Threads Kembaran Twitter: Pengguna Bisa Log In Lewat Akun Instagram

Menurut laporan firma analitik Similarweb, penurunan pengguna aktif Threads telah terlihat pasca seminggu kembaran Twitter ini dirilis ke publik.

Dari awalnya 100 juta pengguna aktif harian, kemudian di pekan kedua tepatnya per 7 Juli turun jadi 49 juta dan pada 14 Juli 2023 pengguna aktif harian Threads kembali anjlok jadi 23,6 juta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas