Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Penggunaan Platform Perangkat Lunak Dinilai Bisa Meningkatkan Pendapatan Hotel

Penggunaan platform ini turut memudahkan aktivitas pengelolaan dan mengunggah jatah kamar.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Penggunaan Platform Perangkat Lunak Dinilai Bisa Meningkatkan Pendapatan Hotel
Shutterstock
Ilustrasi. Penggunaan plaform digitalisasi yang terintegrasi mampu meningkatkan pendapatan industri perhotelan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Integrasi channel management (manajemen saluran) menggunakan platform untuk direct booking (pemesanan langsung), market intelligence (intelegensi pasar), metasearch (pencarian meta) dan solusi pembayaran di perhotelan menjadi tuntutan.

Penggunaan plaform digitalisasi yang terintegrasi mampu meningkatkan pendapatan industri perhotelan.




"Konvergensi mengacu pada gagasan bahwa untuk memaksimalkan pemesanan hotel, para pemasar hotel harus menguasai tidak hanya pemasaran, tetapi juga penjualan, distribusi, dan manajemen pendapatan," kata Jordan Hollander, CEO Hotel Tech Report CEO Hotel Tech Report Jordan Hollander dalam keterangan, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Tips Beli Laptop Second, Lakukan 7 Wajib Pemeriksaan Ini, dari Bodi, Speaker hingga Perangkat Lunak

Dikatakannya, konvergensi di antara peran komersial ini telah menyebabkan peningkatan ketergantungan pada perangkat lunak untuk mengelola semua kerumitan tersebut.

Chief Product Officer di SiteMinder, Leah Rankin mengatakan, pihaknya menawarkan platform yang mampu mengintegrasikan channel management, direct booking, market intelligence, metasearch hingga solusi pembayaran bersama.

"Saat ini ekosistem mitra industri hotel terbesar dengan lebih dari 1.800 sistem dan konsultan hotel yang berpusat pada revenue," katanya.

BERITA TERKAIT

Pihaknya juga akan mengintegrasikan optimalisasi pendapatan, distribusi, dan intelligence untuk meningkatkan dinamika operasi hotel.

Belum lama ini, kata Leah, pihaknya telah menerima penghargaan tertinggi dalam kategori masing-masing ‘Best Channel Manager’, ‘Best Booking Engine’ serta ‘Best Hotel Website Design.

“Misi kami adalah membuat manajemen pendapatan yang canggih dapat diakses oleh semua hotel di seluruh dunia, dan penghargaan seperti ini berfungsi sebagai pengakuan bahwa kami memiliki pondasi terkuat dalam teknologi di industri perhotelan untuk mewujudkannya," katanya.

Revenue Manager di Golden Hill by Golden Tulip, Batu, Jawa Timur, Rio Kurniawan mengatakan penggunaan platform ini turut memudahkan aktivitas pengelolaan dan mengunggah jatah kamar.

“Load time juga sangat cepat dan platform-nya sangat user-friendly sehingga membuatnya sangat dimudahkan untuk mencari pemesanan tamu,” kata Rio Kurniawan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas