Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

BAKTI Kominfo Tambah Bandwidth untuk Digitalisasi Seleksi CPNS 2024

Infrastruktur digital dan akses internet dinyatakan siap mendukung agenda seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in BAKTI Kominfo Tambah Bandwidth untuk Digitalisasi Seleksi CPNS 2024
TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi. TRIBUNNEWS/LENDY RAMADHAN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan kesiapan infrastruktur digital dan akses internet dalam percepatan implementasi transformasi digital manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung agenda seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024.

Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo memastikan kesiapan tersebut.

Menkominfo Budi Arie Setiadi mengatakan, BAKTI bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah memastikan kesiapan dukungan infrastruktur dalam akses penyediaan jaringan komunikasi data penyelenggaraan seleksi CPNS.

"BAKTI Kominfo telah memfasilitasi kebutuhan penambahan kapasitas bandwidth dan jaringan cadangan (backup link) di seluruh titik lokasi Kantor BKN yang menyelenggarakan pelaksanaan seleksi CPNS 2024,” kata Budi dalam keterangannya, Rabu (21/8/2024).

Budi mengatakan, penambahan kapasitas bandwith dilakukan agar pemanfaatan digitalisasi penyelenggaraan seleksi CPNS bisa berjalan lancar.

"Dengan memanfaatkan teknologi digital yang terintegrasi secara sistem dan data untuk kemudahan masyarakat Indonesia dalam mengikuti seleksi penerimaan CPNS di seluruh dunia,” ujar Budi.

BERITA TERKAIT

Direktur Utama BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar menambahkan, pihaknya telah menerima permohonan dukungan dan fasilitas jaringan komunikasi data untuk pemenuhan kebutuhan seleksi CPNS sejak tanggal 14 Agustus 2024.

Untuk di kantor BKN Pusat, dia bilang BAKTI Kominfo menambah kapasitas bandwidth domestik dari 5 Gbps menjadi 10 Gbps dan internasional dari 200 Mbps menjadi 1 Gbps.

Baca juga: Naik Motor Trail, Dirut Bakti Kominfo Cek Wi-Fi Gratis di Pelosok Kabupaten Luwu

Selain kantor BKN pusat, BAKTI Kominfo juga memfasilitasi penambahan kapasitas bandwidth sebagai jaringan cadangan (backup link).

Penambahan dilakukan di 35 titik lokasi kantor reguler dan unit pelaksana teknis BKN dalam seleksi CPNS 2024 di seluruh Indonesia.

“Untuk penambahan kapasitas bandwidth sebagai jaringan cadangan pada 35 titik lokasi Kanreg dan UPT BKN terbagi dua yaitu 35 Mbps dan 15 Mbps,” ujar wanita yang akrab disapa Indah itu.

Baca juga: Hidupi BTS di Daerah Belum Ada Listrik, BAKTI Andalkan Tenaga Surya

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menyampaikan apresiasi kepada BAKTI Kominfo.

Terutama dalam memberikan layanan berdampak kepada seluruh ASN dan kemudahan mengikuti seleksi Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara di seluruh dunia melalui Pemanfaatan Digitalisasi Sistem Seleksi Terintegrasi (SSCASN dan CAT BKN)

“Terima kasih BAKTI Kominfo atas kerja sama dan dukungannya kepada BKN dalam rangka Percepatan Implementasi Transformasi Digital Manajemen ASN,” kata Suharmen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas