Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Kerja Sama Operasi Keamanan Siber di Sektor Telko Perlu Diperkuat

Perusahaan harus menginvestasikan dana cukup besar untuk mencegah terjadingan serangan siber yang bisa sangat merugikan bisnis dalam jangka panjang.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kerja Sama Operasi Keamanan Siber di Sektor Telko Perlu Diperkuat
HO
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ancaman serangan siber menjadi tantangan di seluruh sektor industri mulai dari keuangan hingga telekomunikasi di Indonesia.

Perusahaan harus menginvestasikan dana cukup besar untuk mencegah terjadingan serangan siber yang bisa sangat merugikan bisnis dalam jangka panjang.

Menghadapi tantangan tersebut, perusahaan keamanan siber telekomunikasi SecurityGen menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi informasi dan jaringan NEC untuk memperkuat pertahanan jaringan telekomunikasi di seluruh Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi ke Para Prajurit TNI: Ancaman Siber Semakin Berbahaya

Amit Nath, Co-Founder & CEO SecurityGen, mengatakan, kerjasama kedua perusahaan menggabungkan solusi keamanan mutakhir dari SecurityGen dengan keahlian NEC yang luas di bidang infrastruktur telekomunikasi untuk menghadapi berbagai ancaman siber yang semakin canggih.

"Kerjasama ini untuk meningkatkan kinerja, keandalan, dan keamanan jaringan telekomunikasi di seluruh wilayah. SecurityGen menyediakan platform pertahanan yang siap menghadapi ancaman di masa depan, yang terdiri dari platform Breach Attack dan sistem monitoring, dan NEC yang menawarkan layanan profesional untuk mendukung dan mengoptimalkan solusi keamanan canggih ini," ungkap Amit Nath dalam pernyatan tertulis dikutip Senin, 7 Oktober 2024.

Dia menjelaskan, dalam kerjasama ini SecurityGen jakan memastikan penerapan yang cepat dan efektif melalui pelatihan dan orientasi yang komprehensif.

Kolaborasi semacam ini dinilai menjadi semakin penting mengingat kecepatan perkembangan jaringan telekomunikasi yang semakin kompleks dan rentan. Sayangnya, langkah-langkah keamanan tradisional tidak lagi cukup efektif.

BERITA REKOMENDASI

Dengan mengintegrasikan intelijen ancaman berbasis AI yang canggih dengan sistem keamanan otomatis, kemitraan ini bertujuan untuk memberikan Pusat Operasi Keamanan (Security Operations Center/SOC) perusahaan telekomunikasi visibilitas yang belum pernah ada sebelumnya terhadap lalu lintas sinyal serta validasi yang kuat terhadap serangan dunia nyata.

Pendekatan proaktif ini dilengkapi dengan solusi pemulihan otomatis. Selain akan mengurangi risiko pelanggaran keamanan,  strategi ini juga membekali tim keamanan dengan alat dan keahlian penting untuk menghadapi ancaman siber yang semakin canggih dan menjaga ketahanan bisnis.
 Baca juga: Pembentukan Direktorat Siber di Sejumlah Polda Dinilai Tepat Berantas Kejahatan di Era Digital

Presiden Direktur NEC Indonesia, Joji Yamamoto mengatakan,layanan cloud, perangkat yang terhubung, dan pengguna Internet untuk Segala (Internet of Things/IoT) di Indonesia sedang tumbuh pesat.

Karena itu perusahaannya menyambut baik kerjasama dengan SecurityGen untuk meningkatkan keamanan jaringan di Indonesia, melindungi aset informasi melalui pengenalan dan pengoperasian langkah- langkah melawan serangan siber.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas