Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Oppo A3s di 2024: Apakah Masih Worth It? Lihat Spesifikasi dan Harganya

Dengan ditanamkan beberapa fitur dan spesifikasi yang mumpuni, Oppo A3s merupakan salah satu produk yang mampu bersaing dengan smartphone lainnya.

zoom-in Oppo A3s di 2024: Apakah Masih Worth It? Lihat Spesifikasi dan Harganya
oppo.com
Oppo A3s 

TRIBUNNEWS.COM - Oppo merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Banyak produk mumpuni yang masih dicari oleh masyarakat meski telah lama dirilis, salah satunya adalah Oppo A3s.

Oppo A3s merupakan salah satu produk yang mampu bersaing dengan smartphone lainnya. Dengan ditanamkan beberapa fitur dan spesifikasi yang mumpuni menjadi Oppo A3s perbincangan di masyarakat. 

Lantas apakah Oppo A3s masih layak untuk dibeli pada tahun 2024 ini. Sementara masih banyak produk lainya yang tidak kalah canggih seperti Oppo A31. Agar kamu memiliki banyak pertimbangan berikut keuntungan dan kerugian dari Oppo A3s.

Kelebihan OPPO A3s 

1. Desain Oppo A3s

Oppo A3s memiliki desain yang elegan yang dibalut dengan warna merah. Bagian belakang perangkat menggunakan material komposit dengan jenis tempered glass. Kombinasi warna merah dengan bahan tempered glass memberikan tampilan yang menarik. 

Pada bagian kanan kamu bisa menemukan tombol volume up and down serta slot MicroSD. Sedangkan untuk sisi kiri ada tombol power. Untuk bagian bawah ponselnya terdapat sebuah speaker, port USB, port mic serta jack audio 3,5mm. 

BERITA REKOMENDASI

Sementara untuk bagian atasnya polos saja sehingga tampilan perangkat pun tidak terlalu ramai. Smartphone Oppo A3s memiliki dimensi 156.2×75.6×8.2mm. Bobotnya cukup ringan hanya 168g sehingga sangat nyaman di genggaman dan mudah dibawa kemana pun. 

2. Layar yang digunakan 

Layar Full Screen seluas 6,2 inci dengan resolusi 1520 x 720 pixel terlihat nyata pada di bagian depan ponsel ini. Diatas layarnya terdapat notch sebagai penampung letak kamera depan atau selfie, speaker receiver, sensor proximity dan juga LED notification. 

Tampilan depan smartphone OPPO ini terlihat sangat luas sehingga membuatmu puas saat sedang mengakses multimedia atau game.  

3. Kamera yang mumpuni

Kamera pada smartphone ini terdiri dari kamera depan dan juga kamera belakang yang ganda. Untuk kamera depan beresolusi 8MP dan untuk kamera belakang masing-masing memiliki resolusi 13MP dan 2MP. 

Pada tampilan belakang perangkat juga terdapat LED Flash yang mempermudah kamu untuk mengambil gambar dan video saat gelap. 

4. Baterai 4230 mAh

Daya baterai pada OPPO A3s ini memiliki tenaga dengan kapasitas yang cukup besar, yaitu 4.230mAh. Dengan adanya kapasitas daya yang cukup besar, kamu memerlukan waktu pengisian daya baterai selama hampir 2 jam saat kondisi baterai di bawah 20 persen.

Sedangkan, jika kamu mengisi daya dalam kondisi baterai di atas 20 persen, kamu hanya membutuhkan waktu 1 hingga 1,5 jam saja. Sementara itu, bicara daya tahan baterai mampu bertahan hingga 48 jam. Jika kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mengirim pesan, membuka email, browsing internet dan lainnya, OPPO A3s ini mampu bertahan hingga 24 jam. 

Sedangkan jika kamu gunakan untuk streaming, tahan hingga 5 jam. Jika kamu gunakan untuk browsing internet terus-menerus, daya tahan baterai ini mampu bertahan hingga 9 jam. Sedangkan untuk bermain game secara terus menerus juga bisa bertahan hingga 7 sampai 8 jam. 

5. Hardware dan Performa 

Oppo A3s diperkaya dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan disandingkan dengan prosesor 8 Core 64-Bit yang berkecepatan 1.8 Ghz dan GPU Adreno 506. Memiliki konfigurasi pada storage dengan RAM 2GB dengan ROM 16GB. Untuk penyimpanan bisa diperluas dengan tambahan microSD card berkapasitas hingga 256 GB. 

Saat sedang bermain game mobile, kamu bisa merasakan performa menakjubkan dari perangkat satu ini. Tampilan layar yang menakjubkan membuat bermain game jadi lebih memuaskan dan juga tetap lancar tidak terhambat. 

6. Konektivitas 

Untuk konektivitas pada OPPO A3s ini, memiliki dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, GPS, port microUSB 2.0, USB On-The-Go dan jaringan 4G/3G/2G. Kecepatan download rata-rata yang dihasilkan adalah 34.1Mbps dengan performa meng-upload 25.5Mbps. Tetapi tetap saja juga bergantung dengan provider yang digunakan. 

Baca juga: OPPO Run 2024 dan BRImo Resmi Buka Early Bird, Beragam Diskon dan Hadiah Total Hingga Rp528 Juta!

7. Harga 

Dengan kelebihan seperti di atas, berapakah harga Oppo A3s? Untuk masalah harga, OPPO A3s ini tergolong murah. Harga OPPO A3s berkisar antara Rp1.496.000 hingga Rp2.699.000. Harga ini tergolong murah untuk smartphone dengan fitur, spesifikasi, performa, dan daya tahan baterai yang memuaskan.

Meski smartphone ini memiliki banyak kelebihan untuk harga dibawah Rp2 jutaan. Tetapi bukan berarti Oppo A3s ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang akan kamu dapatkan, tapi mengingat harganya yang murah maka hal tersebut masih bisa ditoleransi.

Kekurangan OPPO A3s 

Tak ada produk yang sempurna untuk produk smartphone premium sekali pun. Smartphone flagship pun memiliki beberapa kekurangan, maka wajar saja jika Oppo A3s memiliki kekurangan juga untuk smartphone dibawah Rp 2 juta.

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh OPPO A3s ini tidak memiliki fitur fast charging. Seperti diketahui smartphone jaman sekarang telah menggunakan fitur pengisian cepat, sehingga akan membantu untuk mempercepat waktu pengisian daya.

Meski demikian, untuk penambahan daya baterai untuk Oppo A3s tidak memakan waktu yang terlalu lama. Jadi dalam hal ini untuk pengisian daya masih termasuk normal. Meski jika ada fast charging akan menambah daya tarik Oppo A3s.

Untuk kualitas kamera, cukup untuk kamu yang menggunakannya untuk kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Namun ketika kamu perhatikan secara detail, maka kamu bisa menemukan hasil foto akan terlihat adanya noise ketika kamu menggunakan kamera pada daerah yang kurang pencahayaannya.

Untuk segi layarnya, tidak dilapisi pelindung Gorilla Glass. Dengan demikian, kamu harus lebih hati-hati saat menyimpannya. Jika kurang berhati-hati, bisa saja layar Oppo A3s tergores, seperti tergores dengan kunci, resleting dompet, pulpen, dan lain sebagainya. 

Untuk baterai yang berdaya sekitar 4.230 mAh pada saat diluncurkan telah mencukupi dengan spesifikasi dapur pacu yang ditanamkan. Tapi untuk penggunaan di tahun 2024 maka daya baterai Oppo A3s tergolong kecil.

Karena untuk smartphone keluaran terbaru sejak tahun 2022 biasanya telah menggunakan baterai dengan kapasitas 5000 mAh. Tetapi jika kamu menggunakan Oppo A3s hanya untuk kegiatan sehari-hari bukan untuk bekerja maka hal tersebut masih direkomendasikan.

Itulah beberapa kekurangan yang ditemui Oppo A3s. Meski demikian, jika dibandingkan dengan smartphone dengan keluaran terbaru tentunya Oppo A3s sedikit tertinggal. Namun jika kamu mencari smartphone dengan kualitas bagus tetapi budget terbatas, maka kamu bisa memilih Oppo A3s.

Kelebihan dan kekurangan Oppo A3s telah kamu ketahui, penjelasan diatas tentunya bisa kamu jadikan pertimbangan saat ingin membelinya. Tak perlu kesana kemari kamu bisa beli OPPO A3s dengan harga murah dan cara mudah. Jika kamu mencari Oppo A3s bekas, maka kamu bisa mengunjungi OLX karena menampilkan banyak iklan Oppo A3s bekas dengan berbagai kondisi.

Baca juga: OPPO Buktikan Ketahanan Reno12 F Series dengan Tes Jatuh Hingga Lingkungan Ekstrim

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas