Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

9 Perlengkapan Mudik Bermobil

KETIKA ingin melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi pastinya perlu persiapan khusus.

Penulis: ricas74
Editor: Prawira
zoom-in 9 Perlengkapan Mudik Bermobil
NET
Ilustrasi dongkrak. 

* Dari Dongkrak hingga Kabel Jumper

KETIKA ingin melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi pastinya perlu persiapan  khusus. Bukan hanya mempersiapkan fisik dan finansial saja, kondisi mobil  juga harus sudah disiapkan untuk menempuh perjalanan jauh.

Beberapa perlengkapan paling penting untuk dibawa antara lain:

1. Dongkrak dan kunci roda
Sangat berfungsi saat mobil mengalami ban bocor dan perlu memasang ban pengganti. Bawalah dongkrak yang dapat memudahkan pekerjaan darurat, seperti dongkrak hidrolik ataupun elektrik.

2. Tools utama
Bawalah peralatan utama yang diberikan pabrikan mobil seperti tang, kunci pas standar, obeng 2 in 1 dan kunci busi. Akan lebih baik lagi jika menambahkan pisau cutter kecil.

3. Kabel  jumper
Jika dalam perjalanan tiba-tiba mengalami masalah dengan supplai arus listrik akibat aki ngedrop, setidaknya dapat meminta bantuan kepada mobil kerabat yang berbarengan dalam melakukan perjalanan mudik atau minta bantuan mobil orang lain untuk melakukan penyaluran arus aki dengan cara jumper arus.

4. Segitiga pengaman dan senter atau emergency lamp
Segitiga pengaman (emergency triangle) untuk memberi tanda dan batas jika mobil mengalami masalah saat ditengah jalan. Sedangkan senter akan sangat berperan penting untuk membantu penerangan dalam keadaan darurat seperti mengganti ban.

BERITA TERKAIT

5. Sekring (fuse) dan lampu cadangan
Bawalah sekring cadangan yang jenisnya sesuai dengan yang biasa dipakai terutama sekring lampu, karena bila tiba-tiba lampu tidak menyala, belum tentu bolamnya yang putus. Bisa jadi sekring putus, sedangkan jika bolamnya putus juga telah siap untuk menggantinya.

6. Oli cadangan
Fungsinya dalam perjalanan jauh memungkinkan penguapan oli mesin lebih ekstrim, sehingga volume oli mesin dapat berkurang. Untuk itu jika indikator oli menyala, dapat dengan segera menambahkan dengan oli cadangan.

7. Air radiator (radiator coolant)
Fungsinya sama dengan oli cadangan, yaitu hanya untuk menambahkan volume atau isi. Pengurangan air radiator akan sangat cepat terjadi dibandingkan oli mesin. Jadi jangan sampai lupa membawa air radiator.

8. Tali tambang
Dipersiapkan untuk mengatasi masalah jika mobil mogok di tengah jalan dan sudah tidak bisa diatasi sendiri sehingga memerlukan campur tangan bengkel mobil. Satu-satunya jalan hanya dengan menderek mobil Anda dengan mobil kerabat atau mobil.

9. Jas hujan atau payung
Saat mengalami masalah dengan mobil ditengah perjalanan yang sedang diguyur hujan deras dan untuk mengatasinya mau tidak mau harus keluar dari mobil, sehingga jas hujan atau payung akan dirasakan sangat bermanfaat. (iman suryanto)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas