Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tour de Java

Tak Afdol Tanpa Telur Asin Asap

BERKUNJUNG atau melintas di Brebes, Jawa Tengah rasanya tidak lengkap bisa tidak membawa pulang telur asin.

Tak Afdol Tanpa Telur Asin Asap
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Telur Asin Asap dari Brebes. 

BERKUNJUNG atau melintas di Brebes, Jawa Tengah rasanya tidak lengkap bisa tidak membawa pulang telur asin. Makanan ini sudah menjadi ciri khas Brebes.

Mereka yang menyukai telur asin juga tidak hanya masyarakat biasa. Para pejabat  menyempatkan diri singgah di Brebes untuk membeli telur asin. Satu di antara telur asin yang mereka buru adalah telor asin asap.

Ada sebuah toko telor asin yang kerap dikunjungi para pejabat ketika singgah di Brebes. Toko itu adalah Telur Bakar Yes di Jalan Diponegoro 31 Brebes. Jika menuju Tegal, Yes berada di sisi kanan jalan.

Telur asin bakar sebenarnya tidak berbeda jauh dengan telor asin rebus. Keduanya dijual dalam keadaan masak dan sudah siap disantap.

Dari namanya, orang awam pasti berpikir telur asin bakar dibuat dengan dibakar dengan api. Kenyataannya, telur asin itu tidak sepenuhnya dibakar di atas api seperti halnya membuat ikan bakar.

Budi, seorang  pedagang telur asin bakar, malah mengatakan telur asin bakar hanya mengambil asap dari bara api. Pembuat hanya mengambil aroma dari asap yang dihasilkan bara api.

"Karena awalnya kan telur itu sudah matang dan sudah siap disantap," ujar Budi yang memiliki toko oleh-oleh khas Brebes di Pusat Oleh-oleh Kelampong, Brebes.

Toko Yes menjual Telur Asin Bakar dalam tiga paket. Ada yang isi delapan dengan harga Rp 26.000, selusin seharga Rp 39.000, dan 25 butir seharga Rp 80.000.

Selain itu ada juga paket campuran yang memadukan telur asin bakar dan telur asin biasa. Jumlah isi satu paket campur tersebut sama dengan paket biasa. Perbedaannya yang sedikit lebih murah.

Toko Yes turut menyediakan beberapa oleh-oleh khas Jateng selain dari Brebes, seperti manco ketan sokaraja Purwokerto, kue dollar khas Brebes, nopia, rambak sapi, lanting, dan sumpia.  (m ismunadi)

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: M. Ismunadi
Editor: inject by pe77ow
  Loading comments...

Berita Terkait :#Tour de Java

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas