Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tanaman Langka Ini Berhasil Ditemukan Berkat Facebook

Spesies tanaman Drosera magnifica ini berhasil ditemukan berkat Facebook.

Editor: Mohamad Yoenus
zoom-in Tanaman Langka Ini Berhasil Ditemukan Berkat Facebook
www.mongabay.com
Tanaman spesies Drosera magnifica. 

TRIBUNNEWS.COM - Anda mungkin mengira bahwa situs jejaring sosial hanyalah tempat untuk ajang narsis saja? Namun spesies tanaman Drosera magnifica ini berhasil ditemukan berkat Facebook.

Kisah ini bermula dari sebuah foto yang diunggah oleh Reginaldo Vasconcelos. Pria asal Brazil ini adalah peminat alam yang waktu sedang mendaki gunung dekat kota kelahirannya, Minas Gerais. Kota itu berada di wilayah Amazon, Brazil Utara.

Foto yang diambil oleh Vasconcelos tahun 2013 itu kemudian menarik perhatian seorang pakar botani asal University of Sao Paulo, Paulo Gonella.

Bersama dengan koleganya, Gonella kemudian melakukan identifikasi lebih lanjut atas spesies tanaman tersebut.

Penemuan baru tersebut telah resmi diumumkan bulan Juli 2015. Salah seorang anggota tim peneliti tanaman Drosera magnifica tersebut berkata bahwa spesies ini merupakan tumbuhan yang spektakuler.

Ini juga merupakan pertama kalinya sebuah tumbuhan berhasil ditemukan berkat Facebook.

Drosera magnifica sendiri merupakan sejenis tumbuhan karnivora. Tanaman ini merupkaan spesies terbesar dari famili Droseracerae yang sudah diidentifikasi sejauh ini.

BERITA TERKAIT

Drocera magnifica memiliki jalinan lendiri yang lengket sepanjang 24 centimeter. Dengan alat itulah mereka bisa menjerat serangga seukuran capung.

Menurut para peneliti, tanaman ini bisa tumbuh hingga ukuran satu setengah meter dan merupakan tanaman karnivora terbesar kedua di Amerika.

Saat ini keberadaan spesies Drosera magnifica sendiri sudah terancam punah karena habitatnya dikelilngi oleh peternakan dan perkebunan yang sudah digunakan oleh manusia. (Intisari Online, Sumber: Mongabai)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas