Tribun

Wisata NTT

Ikan Dimasak Kuah Asam, Kuliner Atambua yang Disukai Orang Jakarta Hingga Timor Leste

Inilah ikan dimasak kuah asam, kuliner Atambua yang disukai orang Jakarta hingga pejabat Timor Leste.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Ikan Dimasak Kuah Asam, Kuliner Atambua yang Disukai Orang Jakarta Hingga Timor Leste
Pos Kupang/ Edu Bau
Kuliner ikan kuah asam khas Atambua. 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Edu Bau

TRIBUNNEWS.COM, ATAMBUA -- Raja Rasa bukan hanya sekedar nama. Raja Rasa benar-benar mewakili rasa masakan pada rumah makan yang terletak di Jalan Moruk Pasunan, Kota Atambua, Kabupaten Belu ini.

Rumah makan yang baru dirintis setahun lalu ini laris manis diserbu pelanggan baik dari dalam kota Atambua maupun sekitarnya.

Para pejabat dari Jakarta pun sudah mencicipi masakan rumah makan ini, Menteri PU dan Perumahan Rakyat pun sudah mencicipi menu Raja Rasa.


Kuliner khas Atambua.

Pejabat-pejabat dari Timor Leste pun demikian. Tak terkecuali rombongan presiden Jokowi yang pernah ke Atambua juga sudah menikmati menu rumah makan ini.

Mengandalkan menu seafood (makanan laut) membuat rumah makan ini selalu ramai dikunjungi.

Bagi anda yang datang ke Atambua, Kota Perbatasan, jangan lupa menyempatkan diri ke rumah makan ini. Dijamin puas dan takkan kecewa.

Ada menu ikan kakap bakar, ada cumi goreng, udang, lobster dan kuah asam. Ada juga nasi goreng spesial yang bakal bikin anda ketagihan.

Tapi ingat, menu-menu di RM ini bukan menu siap saji melainkan diolah berdasarkan pesanan.

Karena itu, jika anda ingin menikmati masakan di rumah makan ini, disarankan untuk memesannya terlebih dahulu sebelum sampai ke sana. Atau paling tidak diminta untuk bersabar hingga menu pesanan diolah sesuai selera.

Owner RM. Raja Rasa, Edy Sukahar alias Chohar ketika ditemui Pos Kupang di RM itu, Jumat (6/11/2015) mengatakan, rumah makan yang dirintisnya itu menggunakan nama Raja Rasa karena selain mengambil nama anaknya, diapun sungguh-sungguh fokus pada kualitas rasa yang disajikan kepada pelanggannya.

"Raja itu nama anak saya, jadi berharap nama anak membawa rejeki. Raja rasa juga berarti kita benar-benar peduli terhadap kualitas rasa," kata Chohar.

Untuk satu ekor Ikan bakar (kakap), Rp 40 ribu- Rp 300 ribu di luar nasi, ada juga kuah asam, cumi, udang, lobster, kepiting.

Namun kuah asam Raja Rasa lebih diminati. Ini karena bahan baku ikan yang masih segar dengan racikan bumbu yang menjadikan kuah asam Raja Rasa lesat.

Untuk menikmati seporsi kuah asam, anda harus rela membayar Rp 50 ribu. Ini sepadan dengan rasa yang bakal anda peroleh.

Puas merasakan menu makanan, anda bisa memuaskan dahaga dengan es buah spesial atau minuman lainnya. Ada cincau cappucino, es buah dan jus aneka buah-buahan.

Usaha yang kini semakin berkembang ternyata diawali dengan susah payah. Chohar masuk ke A(ambua sejak tahun 1990 dengan menumpng kapal.

Dia lali jualan es krim dan menjadi pekerja di rumah makan milik orang lain. Bekal pengalamannya bekerja pada orang, Chohar akhirnya bisa memulai usaha ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas