Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Disangka, Biota Laut Misterius ini ada di Seaworld Ancol

Biota laut memiliki keunikan tersendiri, seperti bentuk fisiknya yang tidak biasa dan aneh bagi kita yang tak pernah melihatnya.

zoom-in Tak Disangka, Biota Laut Misterius ini ada di Seaworld Ancol
dok. Seaworld Ancol
Suasana terowongan aquarium Seaworld yang mengundang decak kagum pengunjung hingga membuat mereka mengabadikannya melalui smartphone. 

TRIBUNNEWS.COM – Biota laut memiliki sejuta misteri yang sampai saat ini terus dipelajari oleh para peneliti.

Bila dibandingkan dengan hewan-hewan di daratan, biota laut memiliki keunikan tersendiri, seperti bentuk fisiknya yang tidak biasa dan aneh bagi kita yang tak pernah melihatnya, contohnya biota laut  jellyfish atau ubur-ubur.

Wahana Baru Seaworld Ancol, Jelly Fish
Blubber Jelly Fish, merupakan biota terbaru pada wahana Jellyfish, Seaworld Ancol.

Menurut website National Geographic Indoensia, ubur-ubur terbuat lebih dari 95 persen air. Tubuh ubur-ubur sangat lembut dan halus. Mereka juga tidak memiliki struktur rangka atau cangkang luar.

Ubur-ubur juga membutuhkan air untuk kebutuhan tubuh mereka, jika mereka tidak mendapatkan air atau dikeluarkan dari air, maka mereka akan mati.

Untuk bergerak maju, ubur-ubur mengambil air ke dalam otot bel mereka kemudian menyemprotkannya keluar dari belakang tubuh mereka. Selain melalui gerakan itu, ubur-ubur juga bergerak dengan cara melayang pada arus air.

Biota lainnya yang juga tidak kalah unik adalah Giant Spider Crab. 

Giant Spider Crab bukanlah jenis kepiting biasa. Giant Japanese Crab atau yang biasa dikenal dengan nama Giant Spider Crab bisa memiliki rentang kaki hingga 3,8 meter alias lebih panjang bila dibandingkan dengan kepiting biasa.

BERITA TERKAIT

Ditambah lagi, tubuh Giant Spider Crab dapat tumbuh sampai ukuran 40 cm dan beratnya bisa mencapai 19 kilogram.

Untuk menikmati semua keunikan biota lain semacam ini kita bisa menemukannya di SeaWorld Ancol. Destinasi wisata ini membuka wahana akuarium terbaru, yaitu Jelly Fish Upside Down, Blubber Jelly Fish, dan tentu saja Giant Japanese Crab yang sudah hadir pada bulan desember ini.

Giant Japanese Spider Crab
Giant Japanese Crab merupakan satu diantara biota laut terbaru Seaworld Ancol.

Selain itu, untuk menyambut Natal 2016 nanti, Seaworld Ancol juga akan menampilkan pertunjukan Feeding Show Santa Claus.

Pada  acara tersebut Santa Klaus akan langsung menyelam ke akuarium untuk membagikan hadiah kepada ikan-ikan.

Pada perayaan tahun lalu, ditemani dua pelayannya, Santa Klaus menggelar menggelar atraksi memasukkan ikan-ikan kecil ke mulut seekor pari yang lebarnya mencapai tiga meter.

Sebelum makanan dilepas ke mulut ikan pari tersebut, tangan Santa Klaus sengaja berputar-putar agar pari mengikuti gerakan tangan.

Begitu beragamnya pertunjukan serta biota yang ada di Seaworld Ancol bisa menjadi salah satu tempat referensi bagi kita yang ingin mengenal lebih jauh biota-biota laut, terutama biota laut unik yang begitu jarang kita jumpai.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas