Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Giant Octopus Pacific: Si Raksasa Cerdas yang Punya Hidup Tragis

Padahal tak semua biota yang menyandang julukan ”giant” atau yang terbesar semenakutkan seperti yang dibayangkan. Giant Pacific Octopus salah satunya.

BizzInsight
zoom-in Giant Octopus Pacific: Si Raksasa Cerdas yang Punya Hidup Tragis
dok. Seaworld Ancol
Giant Pacific Octopus di Seaworld Ancol. 

TRIBUNNEWS.COM – Di dunia ini banyak biota laut berukuran besar yang sangat mencenangkan saat dilihat. Rasa mencengkam ini juga semakin bertambah dalam cuplikan film-film yang menggambarkan betapa menakutkan dan besarnya biota-biota tersebut.

Padahal tak semua biota yang menyandang julukan ”giant” atau yang terbesar semenakutkan seperti yang dibayangkan. Giant Pacific Octopus salah satunya.

Menurut situs National Geograpic, biota laut ini bisa mencapai ukuran 3 meter hingga 5 meter dengan berat 10 kg hingga 50 kg.

Di balik ukurannya dan beratnya yang besar. Giant Pacific Octopus memiliki sisi tragis dalam hidupnya.

Dalam waktu empat tahun hidup mereka, baik Giant Octopus Pacific betina atau jantan akan mati setelah menghasilkan keturunan.

Betina jauh hidup lebih lama karena harus menjaga telur-telur mereka. Pada masa ini, biasanya mereka tidak akan makan dalam waktu yang sangat lama dan akan mati setelahnya.

Tapi jangan bersedih, selain sisi tragis, biota laut ini juga memiliki keunggulan bila dibandingkan biota laut lainnya.

BERITA TERKAIT

Giant Pacific Octopus memiliki intelijensia yang tinggi, bahkan sudah terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Dari hasil penelitian tersebut, terlihat bahwa biota ini terbukti bisa melakukan hal-hal yang menakjubkan seperti membuka toples, menirukan octopus lain, hingga menyelesaikan puzzle-puzzle yang diberikan.

Giant Pacific Octopus juga memiliki hal unik demi bertahan hidup dari buruan pemangsa.

Menggunakan sel pigmen pada kulitnya, biota ini mampu melakukan kamuflase dengan mengubah warna dan tekstur kulit serta dapat berbaur dengan pola yang paling rumit sekalipun seperti coral, tumbuhan laut, dan bebatuan.

Selain Giant Pacific Octopus, ada dua biota laut lain yang menarik untuk diperhatikan. Mereka adalah  Japanese Spider Crab dan Pinecone Fish.

Giant (Japanese) Spider Crab atau Kepiting Laba-laba raksasa merupakan salah satu bentuk biota laut Seaworld Ancol.
Giant (Japanese) Spider Crab atau Kepiting Laba-laba raksasa merupakan salah satu bentuk biota laut Seaworld Ancol. (dok. Seaworld Ancol)

Giant Spider Crab tidak seperti jenis kepiting biasa. Biota laut ini bisa memiliki rentang kaki hingga 3,8 meter alias lebih panjang bila dibandingkan dengan kepiting biasa. Jadi sama seperti Giant Pacific Octopus, biota ini termasuk ‘raksasa’ dalam jenisnya.

Sedangkan Pinecone Fish merupakan ikan berwarna kuning cerah yang tubuhnya ditutupi sirip keras berbentuk piringan berduri dengan garis tepi berwarna hitam.

Pinecode Fish (Ikan Nanas) merupakan biota baru Seaworld Ancol.
Pinecode Fish (Ikan Nanas) merupakan biota baru Seaworld Ancol. (dok. Seaworld Ancol)

Memiliki fisik yang unik, ketiga biota laut tersebut bisa dilihat pada salah satu tempat wisata edukasi di Indonesia, yaitu Seaworld Ancol.

Menjadi koleksi terbaru biota laut, di Seaworld Ancol pengunjung secara langsung bisa melihat tingkah laku dan kemampuan Giant Pacific Octopus, Japanese Giant Crab, dan Pinecone Fish sehingga dapat menjawab rasa penasaran bagi mereka yang belum pernah melihat biota-biota tersebut.

Mari Menari Octopus Dance

Demi memperkenalkan Giant Pacific Octopus kepada pengunjung, education guide dan penyelam pada Seaworld Ancol akan menarikan Octopus Dance pada libur lebaran dan sekolah kali ini.

Pengunjung pun bisa ikut menarik tarian ini, merekamnya, kemudian mengunduhnya pada akun instagram masing-masing dengan hashtag #AncolOctopusDance mulai dari 24 Juni – 31 Juli 2017.

Mereka yang ikut dan terpilih sebagai pemenang bisa mendapatkan hadiah yang menarik dari Seaworld Ancol.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa mengenal Giant Pacific Octopus melalui kuis Secret Hunt.

Pengunjung bisa mencari tahu letak biota Giant Pacific Octopus dan memotretnya menggunakan kamera smartphone tanpa flash serta menebak jumlahnya dan menyebutkan beberapa fakta unik mengenai Giant Pacific Octopus.

Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan pengunjung pada wisata edukasi Seaworld Ancol yang tak hanya mengedukasi melalui biota laut tetapi juga memberikan kegiatan informatif yang fun karena membuat pengunjung bisa bermain sembari belajar dan sekaligus mendapatkan hadiah.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas