Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Tamasya ke Fremantle Prison, Penjara Tertua di Australia

Fremantle Prison atau penjara Fremantle dibangun pada abad ke-19 dan fungsinya sebagai penjara tetap dipertahankan hingga 1991.

TRIBUNNEWS.COM, FREMANTLE CITY - Fremantle City, sebuah kota di kawasan Western Australia atau Australia Barat, menyimpan pesona wisata.

Selain menyajikan wisata alam berupa pantai yang elok, di sini juga dapat ditemukan ratusan bangunan cagar budaya yang tetap terawat meski umurnya sudah mencapai ratusan tahun.

Bangunan-bangunan ini, selain dijadikan kafe, resto, toko, gereja, dan lain sebagainya, juga menjadi obyek wisata yang menarik untuk disambangi.

Salah satunya yang populer adalah Fremantle Prison. Bangunan ini merupakan penjara tua yang kini tak lagi difungsikan.

Bangunan ini diklaim sebagai salah satu penjara terbesar di dunia yang masih ada hingga saat ini.

Wartawan Surya yang ikut dalam rombongan International Media Visit (IMV) 2017 Surabaya bersama sejumlah jurnalis dan Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, menyempatkan mengunjungi tempat tersebut pekan lalu.

Meski singkat, namun kunjungan ini tetap terasa berkesan. Apalagi, penjara-penjara tua di Indonesia, tidak banyak lagi yang terawat seperti tempat ini.

Fremantle Prison atau penjara Fremantle dibangun pada abad ke-19 dan fungsinya sebagai penjara tetap dipertahankan hingga 1991.

Penjara ini dibangun antara 1852 hingga 1859 dengan memanfaatkan tenaga narapidana yang didatangkan ke pelabuhan Fremantle pada 1850. Material batu untuk membangun penjara ini, adalah batu kapur yang digali di sana.

Halaman
12
Editor: Willem Jonata
Sumber: Surya
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas