Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut Tahun Anjing, Imlekan di Macao Bakal Spektakuler

Tahun Baru Imlek merupakan hari raya terpenting bagi orang Tionghoa. Tentunya setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut Imlek.

zoom-in Sambut Tahun Anjing, Imlekan di Macao Bakal Spektakuler
macaotourism.gov.mo
Parade di Macao saat hari raya Imlek. 

TRIBUNNEWS.COM – Tahun Baru Imlek merupakan hari raya terpenting bagi orang Tionghoa. Tentunya setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut Tahun Baru Cina ini. Begitupun dengan Macao.

Menjelang Imlek, kota ini menawarkan hiburan yang seru, mulai dari parade, pesta kembang api, pameran, performa dari artis-artis papan atas sampai dengan permainan di mobile.

Festival yang diberi dengan judul “Parade for Celebration of the Year of the Dog” ini akan diselenggarakan pada hari ke-3 setelah Imlek, yaitu 18 Februari dan hari ke-9, pada tanggal 24 Februari.

Parade Tahun Baru Cina Hari Ke-3 (18 Februari)

Tahun Anjing sendiri atau dalam bahasa Cina “Wong Choi”, memiliki arti kemakmuran sehingga jangan heran ketika Anda berkunjung ke Macao, pawai ini nantinya penuh dengan hiasan anjing karena ceritanya diadaptasi dari kisah sekumpulan anjing yang berkeliling kota untuk menyebarkan berkah dan harapan kepada penduduknya.  

Dibandingkan dengan tahun lalu, kali ini pawai akan bermula di Sai Van Lake Square, tepatnya di dekat Macao Tower, pada pukul 8 malam. 15 float parade telah disiapkan sebagai salah satu pertunjukan utama di parade.

Selanjutnya, akan ada 1.000 penari yang akan memeriahkan acara yang berasal dari 25 kelompok pertunjukan lokal dan 9 kelompok pertunjukan eksternal dari 8 negara dan wilayah. Para performer akan dibagi menjadi dua kelompok, salah satunya tampil di atas panggung di Sai Van Lake Square, sementara kelompok lainnya akan berparade dari Sai Van Lake Square, menuju Avenida Dr. Sun Yat-Sen di Macao Peninsula berujung di Macao Science Center.

BERITA TERKAIT

Tak hanya itu, deretan artis dari Macao dan Hong Kong seperti Kitty Yuen, Fama, Germano Gulherme, Stephen Chan, Rico Leng, Mah Lam, Vivian Chan dan Jason Chan turut memeriahkan acara.

Kursi penonton akan didirikan di Sai Van Lake Square ("The Golden Lunar Feast"), di sepanjang Rua da Torre de Macau ("Family Reunion"), alun-alun di depan Kun Iam Ecumenical Centre ("Good Great Fortune") dan bundaran di depan Macao Science Center("Lucky Stars").

Parade Tahun Baru Cina Hari Ke-9 (24 Februari)

Sama seperti hari ketiga, parade dan pertunjukan budaya lainnya akan diselenggarakan pada pukul 8 malam.

Berawal di Rua Norte do Patane, pawai ini akan berlangsung di Avenida do Conselheiro Borja, Estrada do Arco, Estrada da Areja Preta, Avenida de Venceslau de Morais, Rua Quatro do Bairro da Areia Petra, Avenida da Longevidade, Rua do Mercado de Iao Hon sampai titik akhir di Iao Hon Market Garden.

Yang paling menarik, tidak hanya pawai, Tahun Baru Cina di Macao juga akan dilengkapi dengan kuis-kuis menarik dengan hadiah yang fantastis pula. Salah satunya adalah permainan menggunakan aplikasi WeChat.

Pengunjung hanya perlu memindai kode QR di WeChat agar bisa memenangkan hadiah. Semakin banyak waktu bermain, semakin besar kesempatan yang ada. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi WeChat ID MGTO (Macao Government Tourism Office) “MGTOweixin”.

macao
Pesta kembang api saat perayaan Tahun Baru Cina 2017.

Untuk kenyamanan penduduk setempat, Macao Government Tourism Office pun telah mengoperasikan layanan bis antar-jemput gratis di sekitar lima rute acara dan berbagai distrik di Macao Peninsula, Taipa, dan Coloane.

Apabila tidak memungkinkan untuk menyaksikan acara ini secara langsung, pemerintah juga telah memasang layar LED di beberapa lokasi berbeda agar turis bisa dengan mudah menikmati keseluruhan rangkaian acara.

Jika Anda masih belum puas menghabiskan Imlek hanya dengan menonton parade saja, Macao punya berbagai pertunjukan kelas dunia yang bisa menambah kemeriahan Tahun Baru Cina Anda.

Monkey King

macao
macao

Diadaptasi dari novel fantasi 'A Journey to the West', sebuah legenda paling terkenal dan abadi yang ada dalam cerita rakyat Tionghoa, yaitu mengenai Kera Sakti dan biksu Cina Xuan Zang dari Dinasti Tang (602 – 664).

Pementasan ini menampilkan efek 3D, proyeksi layar LED, video mapping, efek suara serta pencahayaan yang canggih. Salah satu sentuhan tradisional Cina yang akan memikat Anda adalah patung Raksasa Buddha setinggi 15 meter dengan berat 7 ton, dan dilengkapi efek-efek spesial yang luar biasa.

Monkey King Show kaya akan budaya sehingga sangat dinanti-nantikan oleh turis Eropa yang ingin melihat langsung hasil karya kreatif seniman Macao yang bercampur dengan teknologi unik.

The House of Dancing Water

macao
macao

Berlokasi di City of Dream, pertunjukan yang satu ini menyajikan pemandangan teater 270 derajat dengan atraksi memukau yang membuat penonton seperti masuk di dalam cerita.

Bagaimana, siap menghabiskan liburan Imlek Anda di Macao?

#ExperienceMacaoChineseNewYearStyle

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas