Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pariwisata Australia

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Ini Alasan Perth Bisa Jadi Pilihan Kamu

Demam belajar di luar negeri kian menjangkiti orangtua Indonesia. Kota Perth di Australia misalnya.

BizzInsight
Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Ini Alasan Perth Bisa Jadi Pilihan Kamu
Education One
Belajar di Perth, Australia mahal gak ya? 

TRIBUNNEWS.COM – Demam belajar di luar negeri kian menjangkiti orangtua Indonesia. Meski mahal, pendidikan di beda benua memang tidak perlu diragukan kualitasnya. Kota Perth di Australia misalnya.

Dikenal sebagai destinasi impian para pelajar, Perth menjadi rumah bagi sejumlah universitas terbaik di Australia, sebut saja University of Western Australia, Murdoch University, Curtin University, dan Edith Cowan University.

Apalagi lokasinya yang dekat dengan tanah air serta biaya hidup yang terjangkau, membuat negeri Kanguru menjadi idaman bagi mereka yang haus menuntut ilmu. Lalu, sebenarnya berapa estimasi biaya hidup pelajar di Perth? Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.      

Budaya di Perth

Sebelum menghitung pengeluaran kamu selama di Perth, sebaiknya kenali dulu gaya hidup di sana. Masyarakat di Australia suka sekali menonton pertandingan olahraga. Jangan heran ketika kamu tinggal di sana, setiap orang mengajak kamu untuk menyaksikan acara bersama.

Setidaknya kamu bisa menemukan ragam jenis pertandingan olahraga selama setahun di Perth. Pada bulan Agustus misalnya, coba kunjungi pertandingan rugby The Bledisloe Cup atau cricket di Optus Stadium menjelang tahun baru nanti.

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Ini Alasan Perth Bisa Jadi Pilihan Kamuu

Kalau tidak suka olahraga, kamu mungkin tertarik melihat langsung wisata alam yang dimiliki Perth. Di Australia Barat, terdapat 12.000 spesies bunga liar yang belum tentu bisa kamu temukan di negara lain dan semua ini bisa kamu nikmati pada bulan Juni hingga November.

Ada 11 lokasi di Australia yang ramai didatangi wisatawan jika ingin melihat bunga-bunga liar ini. Di Perth sendiri, kamu wajib berkunjung ke Kings Park dan Botanic Garden yang menampung lebih dari 1.700 spesies bunga liar. Spesies yang bisa kamu temukan diantaranya Kangaroo Paws, Hakea, Grevillea, Wattle, Anggrek, dan Pea. Waktu terbaik untuk berkunjung pada September hingga Oktober.

Tertarik Kuliah di Luar Negeri? Ini Alasan Perth Bisa Jadi Pilihan Kamuuu
Bunga liar bermekaran di Kings Park.

Tidak berhenti disitu, Perth memiliki festival yang akan membuat kamu semakin berminat berkuliah di sini. Seperti Revelation Perth International Film Festival yang akan digelar pada Juli nanti dan menghadirkan 120 film mancanegara di kafe-kafe atau galeri.

Atau, pergi ke Western Australia Gourmet Escape pas buat kamu yang doyan banget makan! Event yang berlangsung pada bulan November ini diadakan selama 10 hari. Di sini kamu bisa mencoba anggur premium dan masakan dari koki Australia ataupun internasional.

Dengan begitu beragamnya aktivitas yang ada di Perth, kamu pun harus pintar beradaptasi dengan kehidupan luar ruang.

Biaya hidup dan kuliah di Perth

Bicara tentang biaya hidup, tentunya akan menyesuaikan gaya hidup masing-masing orang. Untuk menghitung biaya hidup sehari-hari, berikut estimasi pengeluaran yang perlu Anda persiapkan dalam dolar Australia berdasarkan informasi dari Easy Uni:

Deskripsi Biaya dalam AUD (per Minggu) Biaya dalam IDR (per Minggu)
Akomodasi AUD 70-400 Rp750.000-Rp4,4 Juta
Transportasi AUD 10-50 Rp100.000-Rp500.000
Makanan AUD 80-200 Rp800.000-Rp2 Juta
Tiket Bioskop AUD 13 Rp130.000
Paket Internet AUD 20-50 Rp200.000-Rp500.000
Biaya Tak Terduga AUD 101 Rp1 Juta

Kemudian ditambah dengan biaya kuliah S1 biasanya akan menghabiskan uang sebanyak AUD15.000-33.000 atau senilai Rp160 Juta-Rp350 Juta per tahun.  Jadi, total yang harus kamu bayar per bulannya sekitar Rp27 juta. Menarik, kan?

Buat kamu yang tertarik untuk kuliah di Perth, nggak ada salahnya memilih universitas yang kamu inginkan. Duh, kalau tiba-tiba homesick atau ada keperluan mendadak yang mengharuskan kamu pulang bagaimana?

Tenang, bolak-balik Perth sudah semakin mudah! Maskapai Singapore Airlines memiliki empat kali penerbangan setiap harinya sehingga memudahkan akses kamu menuju dan kembali dari Perth.

Rute ini menggunakan tipe pesawat A350 dengan produk generasi terbaru yang dilengkapi dengan 303 kursi dan terbagi dalam dua kelas, yaitu 40 kursi Business Class dan 263 kursi Economy Class.

Tipe pesawat ini mengusung konsep extra wide body yang memberikan lebih banyak ruang untuk meregangkan kaki serta lorong pesawat yang lebih lebar. Penumpang juga akan dihibur dengan sistem hiburan dalam pesawat terbaru, yaitu Thales Avant. Selain hiburan, pesawat ini dilengkapi dengan Wifi sistem konektivitas broadband milik GX Aviation.

Sebagai pencinta maskapai Singapore Airlines, jangan lupa daftar dan bergabung dalam loyalty program Singapore Airlines, KrisFlyer.  

Dengan bergabung, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan seperti perjalanan gratis menggunakan miles/poin yang terkumpul baik dari perjalanan udara yang dilakukan dengan Singapore Airlines, SilkAir dan maskapai mitra maupun yang terkumpul dari pembelanjaan di mitra hotel, rental mobil dan retail. Selain perjalanan gratis, miles yang terkumpul juga bisa untuk membayar pembelanjaan Anda di krisshop.com.

Dengan kemudahan akses dan biaya kuliah yang terjangkau, apakah kamu semakin berminat menempuh pendidikan di Australia?

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pariwisata Australia

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas