Tribun

Hore, PT KAI Akan Buka Jalur Kereta ke Kawasan Wisata Candi Borobudur

PT KAI akan membuka jalur baru kereta api ke kawasan wisata Candi Borobudur untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Hore, PT KAI Akan Buka Jalur Kereta ke Kawasan Wisata Candi Borobudur
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
Lomba tarik lokomotif di Depo Lokomotif Yogyakarta, Rabu (21/8/2019) untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-74 RI. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo, mengatakan pihaknya akan membuka jalur baru kereta api ke kawasan wisata Candi Borobudur untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

"Infrastruktur rel sedang disiapkan, termasuk rel kereta antara Borobudur dan Jogjakarta," kata Didiek dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi X DPR RI, Selasa (7/7/2020).

Didiek menyebutkan, dari Stasiun Tugu ke Magelang ada jalur lama yang tidak aktif yang saat ini sedang dilakukan pengkajian apakah bisa digunakan sebagai track aktif.

"Jalur kereta ke Borobudur ini, karena mengingat kunjungan wisatawan ke destinasi tersebut sangat besar. Pada 2019 saja mencapai 3,8 juta orang," ucap Didiek.

Baca: KAI Minta Pelonggaran Aturan SIKM demi Hidupkan Lagi Kereta Api Jakarta-Bandung

Dengan adanya jalur ini nantinya, lanjut Didiek, tentunya dapat membantu pemulihan pariwisata di tengah wabah Covid-19 ini.

"Selain itu jalur ini juga dapat membantu akses masyarakat, yang ingin berpergian ke tempat wisata," ujar Didiek.

Baca: Mulai 3 Juli, KAI Kembali Operasikan 5 Kereta Api dengan Berbagai Relasi, Simak Daftarnya

Pengaktifkan kembali jalur ini, menurut Didiek, tentunya butuh kerja sama dengan semua pihak baik dari pemerintah daerah, pusat, dan regulator untuk mewujudkan hal ini.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas