Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Belum Bisa Liburan Jauh dari Rumah? Berikut 5 Ide Staycation Seru #DiIndonesiaAja

Selain lebih aman, staycation juga lebih hemat waktu dan biaya. Sebab, kamu bisa melakukannya saat weekend saja.

Editor: Content Writer
zoom-in Belum Bisa Liburan Jauh dari Rumah? Berikut 5 Ide Staycation Seru #DiIndonesiaAja
ISTIMEWA

TRIBUNNEWS.COM - Pandemi Covid-19 membuat seluruh masyarakat Indonesia, dan bahkan dunia harus menetap di rumah saja. Sudah berbulan-bulan pasti ada rasa bosan dan jenuh. Kamu pasti ingin kembali beraktivitas seperti sebelum pandemi, dan ingin sekali rasanya berlibur keluar dari rumah.

Ada cara lain untuk berlibur namun tetap aman dan tidak merugikan orang lain. Kamu bisa mencoba Staycation. Staycation berasal dari gabungan kata stay (tinggal di tempat) dan vacation (liburan). Dengan kata lain, staycation adalah kegiatan berlibur di daerah yang sama atau tidak jauh dengan tempat tinggal.

Liburan model ini semakin popular sejak pandemi. Selain lebih aman, staycation juga lebih hemat waktu dan biaya. Sebab, kamu bisa melakukannya saat weekend saja, dan tidak perlu ke tempat yang jaraknya jauh dari rumah. Bagi kamu yang bosan dengan rutinitas sehari-hari, berikut ide staycation #DiIndonesiaAja yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Menginap di Hotel

Kamu bisa memilih tempat hotel di kota tempat kamu tinggal. Bisa memilih hotel yang unik dan instagramable, atau kamu bisa juga memilih hotel yang hijau dan asri untuk menikmati suasana baru. Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, kamu bisa pilih hotel di sekitar Jakarta ataupun bisa bergeser sedikit ke Bogor atau Bandung untuk menikmati udara yang dingin. Nah, bagi kamu yang tinggal di wilayah Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang) kamu bisa memilih tempat penginapan yang unik, kental dengan kebudayaan.

2. Jalan-jalan santai di jantung kota

Staycation tidak melulu harus menginap di hotel. Kamu bisa juga jalan-jalan santai bersama keluarga dan orang terdekat ke jantung kota. Misal kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa berjalan-jalan ke Taman Krida Loka yang terletak di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan. Pintu masuknya berada persis di belakang kolam renang GBK. Kalau kamu tinggal di Jogja, bisa jalan-jalan ke Alun-alun selatan sambil wisata kuliner. Nah, bagi kamu yang tinggal di Lombok, kamu juga bisa menikmati udara sore dengan berjalan-jalan ke Taman Sangkareang.

BERITA TERKAIT

3. Kunjungi Museum di kota sendiri

Tips Liburan ala diindonesiaaja ke museum kota sendiri

Selain refreshing berkunjung ke museum juga bisa menambah wawasan. Ada beberapa museum yang menarik dan bisa dijadikan tempat staycation sambil berswafoto. Kamu bisa mengunjungi museum seni Museum Macan yang berada di Kebon Jeruk, Jakarta. Salah satu instalasi yang paling terkenal di museum ini adalah Infinity Room, ruangan gelap yang berisikan ribuan cahaya yang indah, karya Yayoi Kusama. Atau, kamu bisa juga ke Museum Fatahilah di Kota Tua. Bisa juga ke Motomoto Museum di Tangerang yang berada di BSD, mengajak kamu yang suka menikmati seni, berinteraksi dengan karya seni, dan juga berfoto. Tersedia juga restoran bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman makan dengan interior restoran yang artsy.

4. Kunjungi pusat kebudayaan negara lain.

Kamu tidak perlu jauh-jauh untuk untuk mengetahui budaya asing, kamu bisa datang ke pusat kebudayaan negara lain untuk mengetahuinya. Kamu bisa datang ke Goethe Institut, Institut Français Indonesia untuk budaya Perancis, atau Japan Foundation untuk budaya Jepang. Masing-masing pusat kebudayaan ini secara rutin menggelar acara kebudayaan, pameran, atau pemutaran film secara gratis.

5. Kunjungi perpustakaan

Tips Liburan ala diindonesiaaja ke perpustakaan

Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di perpustakaan. Misalnya, kamu dapat membaca buku best seller yang sudah tidak diterbitkan lagi, mendengarkan audiobooks, atau menonton film di tengah-tengah ruangan (jangan lupa memakai headphone) tanpa ada yang mengganggu. Kamu juga bisa memanfaatkan suasana nyaman perpustakaan untuk membaca buku yang kamu bawa dari rumah.

Itu dia tadi ide staycation yang bisa kamu lakukan di kota masing-masing yang tentunya masih #DiIndonesiaAja. Ide liburan ini bisa kamu lakukan untuk melepas rindu akan liburan hingga usai pandemi nanti! Selain menjadi optimis dan segar kembali, staycation #DiIndonesiaAja juga dapat membantu para pelaku di industri masing-masing bertahan di situasi yang berat ini. Tapi jangan lupa untuk tetap mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah yaa, walaupun jarak berwisata anda dekat dari rumah tetap memakai masker dan selalu mencuci tangan agar tetap sehat. Selamat berlibur!

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas