Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Singapore Art Week 2021 Digelar Virtual, Bikin Makin #KangenSingapura!

Tahun ini, Singapore Art Week 2021 menawarkan pagelaran seni virtual kepada para penikmat seni di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Singapore Art Week 2021 Digelar Virtual, Bikin Makin #KangenSingapura!
Singapore Art Week (artweek.sg)
Singapore Art Week (artweek.sg) 

TRIBUNNEWS.COM - Singapura memang ngangenin! Tentu banyak pelancong tanah air yang tak sabar ingin kembali menjelajahi Singapura. Tak sedikit pula yang rindu akan warisan multikultural Singapura yang memukau.

Singapura memang bukan sekadar surga belanja, kuliner, dan hiburan. Lebih dari itu, Singapura merupakan salah satu ikon budaya di Asia. Segala rupa kesenian ada di sana, mulai dari galeri kelas dunia, museum, pusat warisan dan seni pertunjukan, kampung budaya, hingga seni publik.

Sebagai kota yang berbudaya, kreatif, dan artsy, Singapura memang kerap didatangi para kreator dan seniman di seluruh dunia untuk menunjukan hasil karya serta saling berbagi ide.   

Nggak heran, setiap tahunnya Singapura memiliki banyak event kesenian yang dinanti oleh penggiat seni dan kreator lokal maupun mancanegara. Salah satu tonggak acara kesenian tahunan di Singapura adalah Singapore Art Week (SAW).  

Tahun ini, pekan seni paling meriah di Singapura itu kembali hadir dalam Singapore Art Week 2021 (selanjutnya disebut SAW 2021) yang menawarkan pagelaran seni virtual kepada para penikmat seni di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Acara ini digelar sejak 22 Januari-30 Januari 2021.

Nikmati SAW 2021 secara virtual, obati #KangenSingapura dari rumah!  

Meski perbatasan antar negara ditutup sementara, bukan berarti kamu nggak bisa melancong ke Singapura. Kamu bisa mengenal lebih dekat budaya Singapura dan mengikuti perhelatan seni interaktif di SAW 2021.

Pada edisi kesembilan tahun ini, SAW 2021 merayakan kolaborasi komunitas seniman lokal dan internasional dengan mengambil tema “Art Takes Over” yang disajikan dalam format campuran fisik dan digital, dengan lebih dari 100 program dan 40 proyek seni, serta melibatkan lebih dari 300 seniman dan kurator dari Singapura dan seluruh dunia.

Nah, format campuran antara platform fisik dan virtual inilah yang memungkinkan pekan seni ini dapat langsung dinikmati lewat layar di rumahmu! Siapa pun kamu, mulai dari pengamat seni kasual hingga kolektor dan seorang pekerja seni profesional dapat berpartisipasi menikmati SAW 2021.

Dengan mengunjungi situs Singapore Art Week, kamu dapat mengakses lebih dari 100 program kesenian digital di SAW 2021 dari rumah, yang bahkan di antaranya dapat dinikmati melalui fungsi tampilan 360° agar pengunjung dapat menjelajah dengan pengalaman lebih nyata.

Berikut beberapa pertunjukan seni visual memukau yang bisa kamu nikmati dari rumah--hitung-hitung mengobati rasa rindu dengan Singapura!

Wisata ke situs bersejarah di lewat Light to Night (22–31 Januari 2021)

Light to Night 2020

Penonton dapat merasakan petualangan virtual di kawasan dan bagunan bersejarah di Singapura saat malam hari, termasuk Museum Peradaban Asia dan Victoria Theatre and Concert Hall melalui lokakarya seni online, diskusi langsung, dan acara menarik lainnya.

Program yang diselenggarakan National Gallery Singapore ini mengangkat tema “________- in-Progress”, yang terinspirasi oleh seniman yang gigih berkarya meski harus beradaptasi dengan zaman yang aneh.

Informasi lebih lanjut, kunjungi https://www.nationalgallery.sg/festivals/Light-to-Night-2021-A-Hybrid-Festival

Bersenang-senang di ARTWALK Little India yang colorful

ARTWALK Little India 2021 (LASALLE College of the Arts)

Wisatawan pasti akrab dengan Little India yang gegap gempita akan tempat makan dan pertokoan, serta dikelilingi bangunan dan kuil era kolonial. Kali ini, ARTWALK Little India akan membawa Little India langsung ke layarmu dengan suguhan multi-indera, salah satunya pertunjukan musik tradisional India, tur virtual, lokakarya memasak, dan kelas Zumba Bollywood!

Terdengar unik dan seru, kan? Catat tanggalnya, dan kunjungi http://artwalklittleindia.sg/

Melihat koleksi langka di IMPART Collectors ’Show (19-31 Januari 2021)

IMPART Collectors ’Show (artweek.sg)

Tahun ini, IMPART Collectors ’Show hadir pertama kali dalam format online. Mengangkat tema "Leap of Faith", enam kolektor pribadi dari Singapura, Indonesia, India, dan Swiss akan membuka akses ke rumah dan kantor mereka untuk memamerkan mahakarya koleksi yang langka.

Jika ingin menyaksikan koleksi seni yang belum pernah kamu lihat sebelumnya (plus cerita menarik di belakangnya) catat waktunya dan kunjungi https://www.artoutreachsingapore.org/

Pameran stiker bergerak di The Incredible Magical Moving Sticker Exhibition (22–30 Januari 2021)

The Incredible Magical Moving Sticker Exhibition (eyeyah.org)

Super unik! Kamu bisa membuat foto yang semenarik mungkin di The Incredible Magical Moving Sticker Exhibition. Sebanyak 30 seniman merancang koleksi stiker bergerak yang fun untuk diaplikasikan kepada fotomu. Pengalaman eksentrik ini juga memungkinkan fotomu dipamerkan, lho!

Yuk, poles fotomu sekreatif mungkin lewat The Incredible Magical Moving Sticker Exhibition di https://eyeyah.com/. Jangan lupa tag @eyeyahmag agar foto unikmu bisa ditampilkan.

Nikmati pemandangan kota tertua Singapura lewat Aliwal Tracks (18 Desember 2020–5 Maret 2021)

Aliwal Tracks (Aliwal Arts Centre)

Kampong Glam adalah kawasan budaya kaya sejarah yang bisa jadi referensi destinasi kamu saat berkunjung ke Singapura. Pameran seni digital ini akan menampilkan video di balik layar, pertunjukan seni, dan jelajahi jalan-jalan secara virtual di Kampong Glam yang merupakan kawasan paling semarak di Singapura.

Saksikan jalanan tersembunyi dan dengarkan kisah-kisah kuno Kampong Glam seperti yang diceritakan para seniman. Info lebih lanjut, kunjungi https://www.aliwalartscentre.sg/aliwal-tracks

Ingat, masih ada ratusan program lain yang bisa kamu jelajahi secara virtual lain yang menarik dan dapat diakses di situs resmi Singapore Art Week. Yuk, tandai program seni apa saja yang ingin diikuti di SAW 2021!

Oh ya, sebagai informasi, SAW 2021 yang diadakan di platform fisik dan digital ini mengutamakan kesehatan dan keselamatan pengunjung. Sebab, serangkaian aturan kebersihan dan sanitasi terbaik sudah dijamin melalui sertifikasi SG Clean.

Seiring dengan negara Singapura yang telah memasuki tahap 3, di mana sebagian bisnis dibuka secara bertahap, beberapa protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, tidak berkumpul lebih dari 8 orang, menjaga jarak aman satu meter, dan menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan secara teratur tetap diterapkan secara ketat di SAW 2021.

Tak hanya itu, setiap objek wisata, restoran, toko, dan lokasi di Singapura telah dilengkapi dengan aplikasi SafeEntry untuk pelacakan, di mana pengunjung memindai barcode ketika check-in dan keluar seseorang dari suatu lokasi.

Tunggu apa lagi? Yuk, obati rasa #KangenSingapura lewat pekan seni SAW 2021! Sembari mengakses festival seni, kamu juga bisa mencanangkan destinasi impian yang kelak bisa kamu kunjungi pada waktu yang tepat.

Penulis: Bardjan / Editor: Dana Delani

Ikuti kami di
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas