Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bisnis Cokelat Jelang Lebaran di Masa Pandemi Covid-19

Suhu di Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis, cokelat jenis compound lebih tahan dalam suhu ruang dan mudah digunakan.

Bisnis Cokelat Jelang Lebaran di Masa Pandemi Covid-19
istimewa
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Pahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usaha makanan berbahan dasar cokelat alami peningkatan di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Meskipun di tengah masa pandemi dan pelarangan mudik, bisnis makanan tetap ramai salah satunya karena budaya hantaran yang masih berlangsung.

“Minat konsumen akan cokelat tidak diragukan lagi. Berbagai menu makanan maupun minuman yang menggunakan bahan cokelat terbukti laris manis di pasaran. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, sehingga mereka memilih cokelat sebagai usaha yang cukup menguntungkan,” papar Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana Sri Utami melalui keterangan tertulis, Selasa (4/5/2021).

Meski produk cokelat import banyak beredar di pasaran, tidak menghalangi inovasi pelaku usaha.

Baca juga: Fashion dan Kuliner Jadi Kolaborasi Menarik Bangkitkan Industri Ekonomi Kreatif Di Tengah Pandemi

Salah satunya Tinar Bakery. Pelaku usaha UMKM yang dimiliki oleh Tin Artini ini telah memulai usahanya sejak 2012.

"Memulai usaha di bidang kue awalnya untuk menambah penghasilan dan membantu perekonomian keluarga besar. Selain modal usaha tidak besar, peluang usaha bakery dan cokelat memiliki segmen pasar yang luas dan keuntungannya cukup tinggi,” kata Tini.

Bahan baku cokelat yang umum digunakan adalah cokelat compound. Cokelat compound merupakan cokelat yang banyak digunakan di pasar Indonesia.

Baca juga: Konsep Urban Park untuk Kawasan Kuliner Thematic

Suhu di Indonesia yang termasuk ke dalam iklim tropis, cokelat jenis compound lebih tahan dalam suhu ruang dan mudah digunakan.

Varian cokelat yang paling fleksibel untuk dikreasikan adalah chocolate dark, salah satunya dari Colatta Dark Compound yang memiliki kualitas unggul.

Produk ini memiliki rasa cokelat yang cukup kuat dan tidak butuh penanganan khusus untuk menggunakannya.

"Salah satunya Colatta Dark Compound yang sangat enak dibuat chocolate ganache. Warnanya mengkilap, kombinasi rasa bittersweet yang pas, dan saat diparut hasilnya baik serta tidak mudah hancur," ungkap Tini

Colatta Dark Compound tersedia dalam bentuk blok, chip, dan button yang sudah bersertifikat halal, tersertifikasi ISO 9001, ISO 22000, dan HACPP.

“Kuncinya terus berinovasi dalam berkreasi untuk menarik hati penikmat cokelat. Bentuk cokelat, cookies dan cake menjadi out of the box lalu kemas dengan packaging yang menarik. Daya jual tentu akan semakin meningkat," pungkas Tini.

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas