Tribun

Bangkitkan Sport Tourism, Balap Sepeda L'Etape Indonesia Dihelat di Mandalika Awal 2022

Ajang L'Etape Indonesia by Tour de France diharapkan menjadi momentum kebangkitan sport tourism di Indonesia.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
Bangkitkan Sport Tourism, Balap Sepeda L'Etape Indonesia Dihelat di Mandalika Awal 2022
Dok. Raihan
Pemandangan indah Pantai Kuta Mandalika di Lombok. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ajang balap sepeda internasional L'Etape Indonesia by Tour de France akan digelar pada 20 Februari 2022 di Kuta Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menerangkan, Kemenparekraf mendukung pelaksanaan L'Etape Indonesia 2022. Ajang tersebut diharapkan menjadi momentum kebangkitan sport tourism di Indonesia.

“Mengadakan event berskala Internasional dengan konsep sport tourism di kawasan pariwisata prioritas seperti Kuta Mandalika memang menjadi target Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar Sandi dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Dengan diadakannya ajang balap internasional, ucap Sandi, akan berpengaruh untuk industri pariwisata dan membangkitkan sektor ekonomi kreatif di Indonesia. 

Baca juga: Sandiaga Ajak Wisatawan Kunjungi Pantai Ngurbloat, Ada Hamparan Pasir Sehalus Bedak

"Event seperti ini patut kita tunggu. Pesan saya kepada penyelenggara acara, tetap patuhi protokol Kesehatan sesuai CHSE yang berlaku. Ajang ini juga bisa jadi pemanasan sebelum Mandalika menggelar MotoGP," imbuh Sandi.

Baca juga: Ada Sentra Vaksin Covid-19 di Raja Ampat, Berwisata Jadi Lebih Aman dan Nyaman!

Sandiaga berujar, penyelenggaraan event dengan penuh adaptasi terhadap penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin harus dapat dijalankan dengan baik. Termasuk penyelenggaraan L’Etape Indonesia by Tour de France.

Baca juga: Bus Listrik Akan Beroperasi di Kawasan Pariwisata Bali Baru Mulai 2025

"Penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE yang diintegrasikan dengan aplikasi PeduliLindungi kita harapkan jadi satu standar penyelenggaraan acara-acara atau kegiatan di tengah pandemi dan saat kita masuk transisi menuju fase baru dari Covid-19 nanti," tutur Sandi.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas