Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mengincar Beasiswa Pendidikan ke Perancis, Bagaimana Caranya?

Perancis adalah salah satu negara favorit untuk tujuan melanjutkan pendidika

Editor: Widiyabuana Slay
zoom-in Mengincar Beasiswa Pendidikan ke Perancis, Bagaimana Caranya?
IST
Martha Safitri 

Oleh: Martha Safitri*

TRIBUNNEWS.COM - Perancis adalah salah satu negara favorit untuk tujuan melanjutkan pendidikan tinggi. Perancis terkenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang baik, bertaraf internasional namun dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Setidaknya terdapat kurang lebih 87 Universitas Publik di Perancis dimiliki oleh Pemerintah menawarkan berbagai pilihan bidang studi dan program internasional berbahasa Inggris. Keputusan  melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis tidak hanya terpikat oleh kualitas pendidikannya tetapi juga oleh daya tarik budaya dan bahasanya yang khas serta kualitas pariwisata Perancis yang mendunia

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perancis memiliki hubungan bilateral yang sangat erat dan baik dalam banyak bidang, termasuk pendidikan. Kerjasama Pemerintah Perancis dan Pemerintah Indonesia di bidang pendidikan salah satunya adalah melalui kerjasama Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Beasiswa Unggulan DIKNAS)  dengan Beasiswa Pemerintah Perancis (Bourse du Governement Francaise/BGF).

Beasiswa Unggulan Luar Negeri yang diberikan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendiknas merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Indonesia atas alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung potensi akademisi Indonesia. Beasiswa ini salah satunya  diperuntukan untuk semua calon pelajar jenjang S1, S2 dan S3 berbagai bidang studi di berbagai universitas di Luar Negeri tanpa perlu berstatus pegawai negeri sipil ataupun tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi.

Sejak tahun 2012, Beasiswa Unggulan DIKNAS bekerjasama dengan Beasiswa Pemerintah Perancis-BGF untuk memberikan dukungan pendanaan calon pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai universitas di Perancis. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perancis, serta memerikan peluang yang lebih besar kepada calon pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis.

Skema kerjasama antara Beasiswa Unggulan DIKNAS dan BGF sangatlah menguntungkan bagi calon pelajar Indonesia yang akan menempuh pendidikan tinggi di Perancis karena mendapatkan dua bentuk fasilitas beasiswa. Bantuan biaya hidup yang diberikan oleh Beasiswa Unggulan DIKNAS disesuaikan besarannya dengan standar hidup di kota-kota yang dituju di seluruh Perancis yaitu sebesar 630 Euro/bulan (jenjang S1), 670 -830 Euro/bulan (jenjang S2) dan 870-970 Euro/bulan (jenjang S3). Selain itu,  dengan memegang status sebagai penerima beasiswa BGF, berbagai fasilitas dan bantuan (subsidi) dari Pemerintah Perancis dapat diperoleh, contohnya: biaya pendidikan (tuition fee), asuransi kesehatan, biaya pengurusan visa dan asuransi perjalan hingga fasilitas untuk mengikuti  kegiatan-kegiatan budaya dan wisata yang diselenggarakan oleh Campus France Paris.

Kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan DIKNAS-BGF terbuka sepanjang tahun dengan mengirimkan berkas permohonan langsung ke sekretariat Beasiswa Unggulan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah mendapat surat penerimaan resmi dari universitas di Perancis, memiliki nilai akademik yang baik, memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL minimal 500, serta untuk rencana perkuliahan dengan Bahasa Perancis harus memiliki kemampuan Bahasa Perancis minimal DELF B2.

BERITA TERKAIT

Pemohon beasiswa harus membuat proposal rencana studi dan mengirimkan beberapa berkas persyaratan ke Sekretariat Beasiswa Unggulan, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Pendidikan Nasional. Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Unggulan DIKNAS-BGF dapat diperoleh melalui website Beasiswa Unggulan http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/.

Mempersiapkan Rencana Studi ke Perancis

Bagi calon pelajar yang berencana untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis, sebaiknya memulai persiapan studinya dengan mengajukan aplikasi pendaftaran ke beberapa universitas di Perancis untuk bidang studi yang diminati. Syarat utama mendaftar ke universitas-universitas Perancis pada umumnya adalah menyerahkan bukti kemampuan bahasa perancis dan bahasa inggris, membuat motivation letter atau proposal rencana studi serta rekomendasi. Untuk program yang mengutamakan kegiatan penelitian atau riset, proposal untuk penelitian adalah penting untuk dipersiapkan dengan baik untuk memperbesar kesempatan diterima di universitas dan program yang dituju.

Saat ini hampir semua universitas publik di Perancis telah membuka program internasional dengan pengajaran menggunakan Bahasa Perancis dan bahkan beberapa universitas menyediakan fasilitas kursus Bahasa Perancis secara gratis bagi pelajar asing dengan tujuan memudahkan pelajar asing membaur dengan masyarakat sekitarnya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada baiknya jika calon pelajar dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus Bahasa Perancis sejak di Indonesia.

Pemerintah Perancis pun telah menunjukan lembaga Campus France di berbagai negara untuk mempromosikan pendidikan tinggi Perancis di seluruh dunia. Lembaga ini sangat terbuka untuk memberikan beragam informasi tentang pilihan sistem pendidikan di Perancis, peluang beasiswa, informasi praktis tentang hidup di Perancis, termasuk konsultasi pemilihan universitas dan bidang studi.

 *Penulis adalah penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2012, mahasiswa Program Master in Public Economics and Public Finance, Universite de Rennes 1, France.


TRIBUNNERS TERBARU


Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas