Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Ketua Umum PSSI 2015-2019 Harus Punya Integritas

Berbagai kegagalan yang dialami timnas Indonesia di berbagai event mengundang keprihatinan masyarakat

Editor: Toni Bramantoro

Oleh: Tommy R.Arief

Berbagai kegagalan yang dialami timnas Indonesia di berbagai event mengundang keprihatinan masyarakat pecinta sepakbola Indonesia. Kasus sepakbola gajah seolah menjadi pelengkap kompleksitas permasalahan sepakbola nasional.

Tokoh sepakbola Jawa Barat yang juga manajer Persib Bandung,  H Umuh Muchtar menilai, kasus sepakbola gajah adalah fakta  bahwa PSSI gagal mengelolah persepakbolaan nasional secara menyeluruh.

''PSSI harus bertanggungjawab. Harus ada  pergantian kepemimpinan menyeluruh untuk menyelamatkan  sepakbola Indonesia. Kondisi ini sangat memprihatinkan,''  tegas Umuh.

Situasi ini makin memperkuat spirit kebersamaan untuk  pergantian kepemimpinan PSSI menjelang kongres 2015. Umuh Muchtar menilai, pilihan terbaik untuk menyelamatkan sepakbola Indonesia adalah menjadi figur baru untuk memimpin  PSSI.

''Harus ada figur baru yang memiliki integritas moral  terpuji untuk membangun sepakbola Indonesia,'' lanjut Umuh.

Beberapa nama yang muncul sebagai kandidat ketua Umum PSSI  2015-2019 adalah Hayono Isman, La Nyala Mattaliti, Isran Noor, FX Rudiatmoko maupun Achsanul Qosasi.

BERITA TERKAIT

Namun berbagai  kalangan sepakbola nasional menilai, Achsanul Qosasi, tokoh  muda dalam persepakbolaan nasional yang kini anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), memiliki nilai integritas moral  lebih.

Achsanul yang mantan anggota DPR RI sangat berpengalaman dalam manajemen sepakbola modern saat menjadi  CEO merangkap manajer tim Madura United yang berkompetisi di ISL.

Munculnya beberapa nama besar lain dalam persepakbolaan  nasional, diperkirakan akan memperketat persaingan menuju ketua umum PSSI 2015.

''PSSI membutuhkan perubahan besar. Dan perubahan besar itu hanya bisa terjadi jika kita memilih  tokoh sepakbola nasional yang memiliki integritas moral tinggi dan memiliki kemauan besar untuk memajukan sepakbola  Indonesia,'' tandas Umu Muchktar.

* Tommy R.Arief pemerhati Sepakbola nasional

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas