Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Keren! Indonesia-Perancis Mulai Buka Program Magang Di Perusahaan

Kementerian Ketenagakerjaan melakukan kerjasama dengan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia tentang program pemagangan antara Perancis dan Indonesia y

Editor: Samuel Febrianto

Ditulis oleh : Biro Humas Kemnaker

TRIBUNNERS - Kementerian Ketenagakerjaan melakukan kerjasama dengan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia tentang program pemagangan antara Perancis dan Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan penyataan kehendak di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Kerjasama bilateral ini meliputi pemberian akses dan kesempatan kepada pemuda-pemudi Indonesia dan Perancis untuk meningkatkan keterampilannya melalui program pemagangan di perusahaan-perusahaan Perancis yang berada di Indonesia.

Sasaran peserta yang bisa mengikuti program pemagangan di perusahaan-perusahaan Perancis adalah pemuda Indonesia dan Perancis yang baru lulus dari sekolah kejuruan, sekolah menengah atas, universitas/perguruan tinggi dengan rentang usia 18-28 tahun.

"Salah satu tujuan dari kerjasama ini  adalah  memfasilitasi para penganggur dalam memperoleh  pekerjaan melalui pelatihan kerja, yaitu  melalui pelaksanaan program pemagangan,” kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Jenderal Kemnaker, Abdul Wahab Bangkona.

Penandatangan LoI kerjasama program pemagangan ini dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Khairul Anwar dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia Corrine Breuze serta disaksikan Sekjen Kemnaker Abdul Wahab Bangkona dan Minister of State for Foreign Trade,the Promotion of Tourism&French Nationalist Abroad Matthias Fekl.

Dalam sambutannya, Menaker Hanif mengatakan kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Prancis dalam program pemagangan ini dapat membantu memfasilitasi pengangguran di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Jumlah pengangguran di Indonesia berdasarkan data BPS bulan Agustus 2015 adalah sebanyak 7,56 juta orang. 

“Penandatanganan kerjasama  ini merupakan momentum penting meningkatkan kerjasama antara Indonesia dengan Perancis dalam peningkatan kualitas SDM Indonesia dan Perancis. Kerjasama ini juga membantu penanggulangan masalah pengangguran,” kata Hanif. 

Kerjasama bilateral pemagangan ini dilaksanakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan. 

Setidaknya terdapat beberapa manfaat yang diperooleh dari kerjasama pemagangan ini. Pertama, untuk peserta magang. Peserta magang nantinya akan mendapat keterampilan kerja dan pengalaman cara bekerja di proses produksi barang/jasa.

“Peserta juga akan familiar dengan dunia kerja karena langsung bersentuhan dengan dunia kerja yang nyata. Selain itu mereka pun mendapat keahlian kerja sekaligus belajar bahasa Perancis,” kata Hanif. 

Manfaat juga diterima oleh perusahaan. “Perusahaan dapat memanfaatkan hasil produksi barang/jasa peserta serta dapat memanfaatkan lulusan pemagangan yang terampil dan berpengalaman,” kata Hanif

Sedangkan manfaat bagi pemerintah adalah peningkatan keterlibatan pihak swasta dalam menyelenggarakan pelatihan kerja dan membantu penanggulangan masalah pengangguran.

“Saya minta juga agar kerjasama program pemagangan ini tetap patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku antara lain peraturan  ketenagakerjaan dan pemagangan serta peraturan imigrasi, “ kata Hanif

Kepatuhan pada UU itu kata Hanif merupakan kunci utama terhadap keberhasilan suatu kerjasama yang baik.

 “Saya mengharapkan pelaksanaan magang nantinya dapat direview setidaknya satu tahun sekali untuk melihat manfaat yang telah diperoleh oleh kedua negara," tutur Hanif.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas