Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Diperkenalkan Program PNPM

PRODI Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan diskusi rutin dalam agenda kul

Editor: Samuel Febrianto

Ditulis oleh : Amin Aminah

TRIBUNNERS - PRODI Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan diskusi rutin dalam agenda kuliah umum dengan tema “Butir Butir Pelajaran Dalam Pemberdayaan Masyarakat (PNPM Mandiri Dan Program Pendampingan Desa) di gedung Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, Rabu (20/4/2016).

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara dari Konsultan PNPM dan Program Pendampingan Desa DIY yaitu Agung Tri.

Menurutnya program pendampingan desa untuk PMI butuh orang yang progresif. 

Program PNPM melalui proses uji coba dari tahun 1996-1997. Program ini awalnya bernama, Program Pendampingan Kecamatan dan menjadi program nasional di tahun 1998.

Agung mengatakan, program PNPM saat ini telah digantikan oleh dana desa. Menurutnya dana desa dan PNPM dalam implementasinya berbeda.

Tujuan PNPM bebernya untuk menanggulangi kemiskinan dan membuka lapangan kerja, sehingga orang yang terpinggirkan bisa mendapatkan lapangan pekerjaan.

BERITA REKOMENDASI

Terdapat beberapa tingkatan PNPM, yakni PNPM Desa, PNPM Kota, PNPM Kelautan dan Pariwisata yang sudah tersebar diseluruh provinsi dan pada tahun 1998.

Menurutnya dalam setiap program pemberdayaan masyarakat, diperlukan peran fasilitator. Fungsinyauntuk  mempermudah masyarakat mengakses program, memecahkankan masalah dan memenuhi kebutuhanya.

Fasilitator di PNPM beber Agung adalah Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), dan terdapat 17 kegiatan yang difasilitasi oleh fasilitator PNPM.

Fasilitator harus bisa memposisikan diri agar bisa terhindar dari gesekan dengan masyarakat atau lingkungan yang terlibat dalam program PNPM.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas