Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Korelasi antara Integritas dan Mahasiswa

Integritas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kem

Ditulis oleh : Oky Suryadi, Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember jurusan Sistem Informasi

TRIBUNNERS - Integritas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran”.

Kesatuan dalam hal ini berarti adanya konsistensi antara apa yang kita katakan dengan apa yang kita kerjakan.

Seseorang yang menjalani proses belajar dan terdaftar di pendidikan perguruan tinggi disebut mahasiswa.

Menjadi mahasiswa lebih sulit dibandingkan dengan siswa yang belajar di sekolah menengah, apalagi proses belajarnya sudah semakin spesifik pada jurusan yang ditekuni. Mahasiswa dituntut mampu menuangkan ide-ide kreatif dan berpikir kritis dalam menyikapi suatu permasalahan yang ada dan menjadi seseorang yang membawa perubahan.

Dalam proses belajar sebagai mahasiswa seringkali para pengajaratau para dosen memberikan tugas-tugas mata kuliah yang harus di selesaikan, melalui tugas tersebut mahasiswa mendapatkan ilmu yang diajarkan dan juga mendapatkanpengalamandalam proses mengerjakannya, dengan harapan mendapatkan nilai yang baik.

Harapan itu dapat terwujud apabila mahasiswa tersebut mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dosen sesuai dengan yang diharapkannya.

Selain tugas tertulis dan lisan, mahasiswa juga harus memenuhi tugas-tugas praktikum yang telahditentukan oleh dosen.

Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi mahasiswa harusnya ia sudah siap dengan banyaknya tugas dan hal-hal baru yang akanditemuidalamdunia perkuliahan.

Namun, pada kenyataannya banyak sekali ditemui mahasiswa yang nilainya tidakmemenuhi standar yang ditentukan untuk dapat lulus tepatwaktu, sehingga yang seharusnya kelulusan yang ditentukan adalah 4 atau 5 tahun menjadi lebih dari itu bahkan hingga ada yang harus di drop out karena terlalu lama.

Halaman
12
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas