Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Blog Tribunners

Mahasiswa Undip Ciptakan Puzzle Braille untuk Anak Tunanetra

Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) menghasilkan inovasi media alat bantu berupa Puzzle Braille Untuk Anak Tunanetra atau yang disingkat dengan

Penulis: Alania Fitri

TRIBUNNERS - Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) menghasilkan inovasi media alat bantu berupa Puzzle Braille Untuk Anak Tunanetra atau yang disingkat dengan Menantu Pantura.

Media inovasi ini diciptakan untuk membantu anak tunanetra dalam meningkatkan kemampuan membaca.

Sekilas puzzle ini memiliki kesamaan seperti puzzle pada umumnya namun yang membedakannya adalah puzzle ini dilengkapi dengan huruf braille serta terdapat pegangan pada setiap keping puzzlenya yang memudahkan anak dalam membaca setiap huruf pada masing-masing keping puzzle.

Selain dapat meningkatkan kemampuan membaca, Menantu Pantura yang diciptakan oleh Meiska Yusrona Kamila, Saktiari Marieta, Alania Fitri, Dana Bestari dan Nicho Alinton Sianipar mahasiswa Fakultas Psikologi disebut juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak.

Ide awal pembuatan Menantu Pantura ini muncul karena melihat program pembelajaran SLB-A di Indonesia masih dilakukan dengan cara sederhana dan kurang menarik, oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran yang lebih inovatif untuk mempermudah proses belajar pada anak tunanetra.

Kegiatan selanjutnya dari penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus mengenai strategi media pembelajaran yang efektif dan inovatif yang mudah digunakan dan menarik bagi anak tunanetra sehingga meminimalisir rasa jenuh dalam proses pembelajaraan membaca.

BERITA REKOMENDASI
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas