Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Kedaulatan Rakyat Paling Penting demi Wujudkan Pemilu Berkualitas

Meski pelaksanaan pemilu masih sekitar tiga tahun lagi, Ibas berharap pemerintah dan DPR harus segera menyiapkan payung hukum

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kedaulatan Rakyat Paling Penting demi Wujudkan Pemilu Berkualitas
TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) saat menghadiri acara Pasar Murah dan Workshop Ramadhan 1437 H di GOR Neglasari, Kota Tangerang (19/6/2016). 

TRIBUNNERS – Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Edhie Baskoro Yudhoyono atau akrab disapa Ibas menegaskan Fraksi Partai Demokrat memiliki atensi yang besar terkait pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2019.

“Sejauh ini Demokrat dan FPD belum menentukan kemungkinan menaikan ambang batas dalam pemilu baik pilpres maupun legislatif khususnya. Namun kami FPD siap membahas sedini mungkin hal ini untuk persiapan pemilu ke depan yang berkualitas,” tegas Ibas, Kamis, 21/7/2016.

Meski pelaksanaan pemilu masih sekitar tiga tahun lagi, Ibas berharap pemerintah dan DPR harus segera menyiapkan payung hukum agar pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik dan demokratis.

“Kami sepakat bahwa sistem demokrasi adalah yang terbaik untuk mewujudkan kedaulatan dalam memilih dan dipilih secara langsung. Oleh karenanya segala persiapan pemilu khususnya payung hukum harus segera dibahas bersama,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ibas yang juga anggota Komisi 10 DPR RI ini menyampaikan hal penting lain yang perlu menjadi perhatian bersama terkait pelaksanaan pemilu adalah efisiensi dan efektifitas.

Sebab penyelenggara pemilu hanya melakukan sekali proses pemilihan.

Namun Ibas mengingatkan jangan sampai mengorbankan esensi demokrasi yaitu kedaulatan rakyat.

BERITA TERKAIT

“Mengawal sistem pemilu multipartai yang lebih sederhana dan kuat itu sebuah cita cita akan tetapi demokrasi juga harus diartikan sebagai proses besar dari rakyat untuk rakyat dan oleh rakyat bukan sekedar membatasi hak-hak memilih dan dipilih untuk tujuan besar bangsa,” ujarnya.

Oleh karenanya, Ibas berharap dapat tumbuh semangat bersama segenap komponen bangsa dalam mengawal pelaksanaan pemilu baik DPR, Pemerintah dan masyarakat termasuk memberi waktu yang cukup bagi KPU untuk menggelar cara baru pesta demokrasi di Tanah Air.

“Kita tidak bisa melihat hanya seberapa besar ambang batasnya saja, melainkan kualitas demokrasinya itu sendiri tentu harus dibarengi dengan semangat bersama menuju Indonesia yang jauh lebih baik, maju, adil dan sejahtera,” tutup wakil rakyat asal Dapil VII Jawa Timur ini.

--
PENGIRIM: David Christian

Staff Ketua Fraksi Partai Demokrat
Edhie Baskoro Yudhoyono, M. Sc

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas