Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Test Flight Perdana Hercules di Lanud Husein Sastranegara

Pesawat Hercules C-130 B Noreg A-1303 milik TNI AU yang dipiloti Letkol Pnb Subhan berhasil melaksanakan Test Flight Perdana

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Test Flight Perdana Hercules di Lanud Husein Sastranegara
Youtube
Ilustrasi Hercules 

TRIBUNNERS - Pesawat Hercules C-130 B Noreg A-1303 milik TNI AU yang dipiloti Letkol Pnb Subhan  berhasil melaksanakan Test Flight Perdana di Lanud Husein Sastranegara,  Rabu (7/9), setelah pesawat diretrofit dan diupgrade di Hanggar Satuan Pemeliharaan 14 Depohar 10 Bandung. 

Test Flight Perdana ini disaksikan oleh Dankoharmatau Marsda TNI Robert Suter Marut, Kadisaeroau, Waaslog Kasau, Sesdispenau, Danlanud Husein Sastranegara, Dandepohar 10, staf Kemhan serta Head of Business Development Airod Sazahan Yassin dan staf.

 Menurut Dankoharmatau, untuk mempertahankan usia pakai, kondisi dan kesiapan pesawat C-130 Hercules type B telah diprogramkan pemeliharaan tingkat berat lanjutan yaitu retrofit guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemeliharaan.

Retrofit dan upgrade pesawat merupakan kontrak jual beli antara Kementrian Pertahanan Republik Indonesia dengan Airod Sdn Bhd MalaysiaNomor: Trak/1558/XII/2010/AU Amandemen III Tanggal 29 Oktober 2015 tentang Pengadaan Upgrade dan Retrofit Pesawat Angkut C-130.  

 Retrofit yang dilakukan terhadap pesawat C-130B noreg A-1303 yaitu : mengganti struktur Outer Wing, Rainbow Fitting, Engine Truss Mount, Fuselage Main tructure,Overhaul Propeller, hingga memperbaiki dan mengganti 4 assy Engine LowPerformace.

Persentase pekerjaan Retrofit dan upgrade pesawat C-130/ A-1303 oleh Airod Sdn Bhd Malaysia ini sudah mencapai 93% dengan menggunakan 9 teknisi dari Malaysia dan 14 teknisi dari Indonesia yaitu para purnawirawan Depohar 10, kata Dandepohar 10 Kolonel Tek I Nyoman Sudarsana. Menurutnya, empat pesawat Hercules lagi akan melaksanakan retrofit dan upgrade di Subang Malaysia.  

BERITA TERKAIT
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas