Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

F-16 TNI AU Terlibat Pertempuran Jarak Dekat dengan F-18 AS di Langit Manado

Langit Manado, Sulawesi Utara menjadi saksi bagaimana dahsyatnya pertempuran udara jarak dekat (dog fight) kedua pesawat tersebut.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in F-16 TNI AU Terlibat Pertempuran Jarak Dekat dengan F-18 AS di Langit Manado
Dispenau

TRIBUNNERS - Langit Manado, Sulawesi Utara menjadi saksi bagaimana dahsyatnya pertempuran udara jarak dekat (dog fight) antara pesawat-pesawat tempur F-16 figthing falcon TNI AU dengan jet F-18 hornet AmerikaSerikat.

Duel udara antar pilot-pilot tempur kedua negara ini merupakan bagian dari manuver lapangan latihan TNI AU dengan Amerika Serikat yang diberi sandi Cope West 2016. 

Direktur Latihan (Dirlat) Kolonel Pnb Irwan Pramudya menjelaskan, Cope West 2016 merupakan latihan kedua yang digelar TNI AU dengan Amerikaserikat. 

Latihan bertujuan menguji taktik pertempuran udara antara kedua pesawat yang berbeda, yakni jenis F-16 dan  F-18.

Pada hari ketiga (Kamis, 3/11), telah diperagakan dog fight satu lawan satu.

Dalam beberapa latihan berikutnya juga akan diperagakan pertempuran udara 4 lawan 4, hingga hari ketiga, sedikitnya telah terjadi 16 kali dog fight antara pesawat tempur kedua negara.  

Dalam latihan ini, TNI AU  melibatkan 12 penerbang dan 6 pesawat F-16, sedangkan Amerika Serikat mengerahkan 6 pesawat F-18 Hornet.

BERITA TERKAIT

Dirlat Kolonel Pnb Irwan Pramudya menambahkan, dalam kurun waktu 20 tahun pengabdian, pesawat F-16 TNI AU sudah banyak melaksanakan operasi, seperti menjaga wilayah udara perbatasan.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas