Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Tips Cerdas Usaha Sampingan Sambil Bekerja

Sekarang ini, demam menjadi entrepreneur alias pengusaha sudah semakin mewabah di kalangan masyarakat, muda maupun sudah cukup matang. Kemajuan teknol

Tips Cerdas Usaha Sampingan Sambil Bekerja
Ilustrasi Usaha Waralaba 

TRIBUNNERS - Sekarang ini, demam menjadi entrepreneur alias pengusaha sudah semakin mewabah di kalangan masyarakat, muda maupun sudah cukup matang. Kemajuan teknologi menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini bisa terlihat dengan semakin banyaknya usaha maupun startup berbasis online.

Demam entrepreneur ini juga banyak menyerang kalangan pekerja profesional penuh waktu atau purna waktu. Mudahnya menjalankan bisnis sendiri ternyata bisa memiliki dampak yang kurang baik bagi pekerjaan yang mereka jalani karena turunnya produktivitas di tempat kerja mereka.

Manajemen waktu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari manajemen keuangan pribadi saat menjalankan bisnis dan pekerjaan sekaligus. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa diterapkan saat menjalankan usaha sambal bekerja.

Meningkatkan kedisiplinan diri

Salah satu hal yang wajib kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk disiplin. Selalu pertahankan kinerja dan kredibilitas kamu, baik terhadap atasan di tempat kerja maupun klien dalam bisnis.

Melatih mental disiplin akan membuat kamu siap untuk menghadapi tantangan di kedua pekerjaan tersebut sekaligus mempersiapkan diri untuk membagi waktu dengan lebih baik.

Kelompokkan beberapa tugas untuk diselesaikan sekaligus

Cobalah untuk mengelompokkan beberapa tugas kecil dan sejenis untuk dikerjakan dalam rentetan waktu yang sama. Ketika kamu berusaha untuk multi-tasking, maka kemungkinan besar semua pekerjaan kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Buat perkiraan jadwal harian

Kalau kamu sudah membuat kelompok tugas-tugas yang bisa dikerjakan bersamaan, saatnya untuk mulai membuat jadwal. Tergantung kerpibadian kamu, ada baiknya kamu tidak membuat jadwal yang terlalu padat dan mepet agar ada waktu untuk sedikit rileks. Jadwal harian ini tidak bersifat kaku. Kamu bisa coba merevisinya jika dirasa terlalu sulit untuk dijalani setelah beberapa waktu.

Buatlah daftar prioritas

Kamu bisa membuat prioritas hal yang perlu diselesaikan dulu, baik di sisi pekerjaan dan sisi usaha kamu. Selain itu, kamu juga perlu membagi alokasi waktu kamu dalam sehari. Untuk permulaan, kamu bisa mencoba alokasi waktu sekitar 30% untuk bisnis kamu setiap harinya.

Pisahkan pengelolaan keuangan kamu

Kamu tentu perlu mengetahui berapa sumber pemasukan bersih kamu dari bisnis, terpisah dari gaji dan penghasilan dari pekerjaan kantor. Hal ini berguna untuk analisis kinerja bisnis kamu sekaligus menetapkan strategi menabung yang tepat.

Sumber: Halomoney.co.id

Selengkapnya

Penulis: HaloMoney
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas