Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Inilah Sayuran yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Penyakit Lambung

Lambung adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting, yang berperan besar dalam mencerna makanan dan mengubah makanan menjadi sumber energi.

Inilah Sayuran yang Baik Dikonsumsi bagi Penderita Penyakit Lambung
TribunnewsBogor.com/ Ardhi Sanjaya
Brokoli cah seafood. 
TRIBUNNERS - Lambung adalah salah satu anggota tubuh yang paling penting, yang berperan besar dalam mencerna makanan dan mengubah makanan menjadi sumber energi yang dibutuhkan tubuh untuk memulai berbagai aktivitas sehari-hari.
Lambung yang merupakan anggota sistem pencernaan tubuh juga bernafas seperti hidung, perut akan bertahan jika tidak asupan makanan masuk dan akan melebar saat makanan masuk.
Lambung bekerja setiap hari tanpa henti, meski di malam hari kita tidak mengkonsumsi apapun sebelum tidur. Lambung masih akan bekerja mempersiapkan pasokan energi yang akan digunakan besok.
Lambung terletak di bagian tubuh antara daerah epigastrik dan hipokhondriak kiri dan pusar.
Perut memiliki susunan yang terdiri dari fundus, batang utama dan lantai horizontal, yaitu antrum pylorus.
Proses pencernaan saat makanan masuk ke perut maka perut membentuk lingkaran konsentris dalam tubuh dan perut.
Makanan paling baru paling dekat dengan pembukaan esofagus dan makanan terpanjang terletak di dekat dinding perut.
Penyakit lambung yang masih memiliki kaitan erat dengan penyakit maag yang dapat terjadi akibat seringnya menunda makan, pola makan yang tidak teratur, dan konsumsi makanan yang salah.
Jika dinding perut mengalami radang atau iritasi yang menyebabkan infeksi seperti perut merah, perut membengkak dan larut saat diketahui dengan diagnosa laboratorium.
Penyebab radang perut atau iritasi sering disebabkan oleh alkohol, dosis tinggi obat-obatan, kafein, kortikosteroid, antimetabolit, butazolidinin dan indosin.
Gejala awal yang di timbulkan pada penyakit lambung : 
 1. Perut terasa nyeri
2. Timbul rasa mual dan muntah
3. Sering merasa lelah
4. Nafsu makan berkurang
5. Kram atau kejang pada perut
Pada penderita lambung harus selalu menjaga dan memperhatikan asupana makanan yang di konsumsi setiap harinya dengan menjaga keseimbangan nilai gizi, mengurangi makanan pedas, asam, makanan yang banyak menggunakan bahan pengawet. Dan sebaiknya harus sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat alami yang terdapat pada buah dan sayuran.
Sayuran yang baik untuk di konsumsi penderita penyakit lambung : 
 
Kunyit
Kunyit adalah salah satu bumbu yang paling terkenal dan sering digunakan dalam campuran dapur atau mabuk sebagai jamu. Kunyit bisa membantu asam naik di perut, karena kunyit juga sangat dikenal sebagai obat ulkus ampuh. Kunyit juga memiliki antioksidan tinggi, antibakteri dan anti kanker.
 
Wortel

Wortel dikenal sebagai produsen vitamin A, yang sangat baik untuk mata. Selain itu, wortel juga mengandung kalsium dan vitamin serta nutrisi lainnya yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Wortel ini juga memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, dan sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita kelainan asam lambung karena wortel tidak meningkatkan kadar asam lambung.
 
Brokoli

Brokoli memiliki banyak potasium, kalsium dan serat yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi berdasarkan AKG sehari-hari. Selain itu, brokoli mengandung belerang. Sulfur bisa berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung lapisan dalam dari kulit perut.
 
Kentang

Kentang ini merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Makan kentang setiap hari saat sarapan pagi, dan kentang ini membantu menetralisir asam di perut Anda karena pada dasarnya kentangnya basa.
 
Itulah beberapa penjelasan informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini semoga berrmanfaat

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas