Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Manfaat Semangka Bagi Penderita Hipertensi

Hipertensi adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal, dan dapat menyebabkan peningkatan angka kematian.

Manfaat Semangka Bagi Penderita Hipertensi
Fadoli Barbathully / NOVA
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Siapa yang tidak suka semangka? Buah yang sangat populer di kalangan masyarakat karena rasanya yang manis dan banyak air, membuat semangka sangat enak di siang hari saat cuaca panas.

Tapi siapa sangka di balik rasa manisnya semangka mengandung banyak manfaat salah satunya untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal, dan dapat menyebabkan peningkatan angka kematian.

Hipertensi merupakan penyakit tanpa gejala yang sering disebut "Pembunuh Diam-Diam", di mana tekanan darah tidak normal yang dapat menyebabkan risiko stroke, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal.

Tapi bila hipertensi memang parah biasanya penderita akan mengalami sakit kepala, pusing, letih, mual, penglihatan kabur, telinga yang berdengung.

Seseorang dikatakan memiliki hipertensi saat tekanan darahnya di atas normal sekitar 140/90 mmHg yang mana tekanan darah normal adalah 110/90 mmHg.

Darah tinggi identik dengan orang tua tapi tidak sedikit anak muda yang mengalami hipertensi, faktornya beragam mulai dari stres, gaya hidup tidak baik dan faktor genetik atau turunannya. Tapi tenang dengan mengkonsumsi semangka saja bisa membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian di Florida State University yang mengatakan dengan mengkonsumsi semangka secara teratur dapat membantu menurunkan hipertensi Anda.

Karena semangka mengandung L-citrulline dan inilah zat yang membantu menurunkan tekanan darah, dengan cara membuat pembuluh darah rileks.

Tapi tetap harus ditambah dengan gaya hidup yang baik jangan makan terlalu sering makan goreng dan mie instan meski enak tapi tidak baik untuk kesehatan, apalagi dikonsumsi secara sering dan banyak. Dan jauhkan diri dari hal-hal yang bisa membuat Anda stres, berhenti merokok, serta mulai olahraga teratur.

Jadi semoga bermanfaat.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas