Tribunners

Blog Tribunners

Langkah Pertolongan Pertama bagi Penderita Vertigo

Vertigo adalah gejala dengan sensasi diri sendiri yang tiba-tiba terjadi. Ada vertigo ringan dan tidak terlalu mencolok dan ada yang...

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Langkah Pertolongan Pertama bagi Penderita Vertigo
Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi 
TRIBUNNERS - Vertigo adalah gejala dengan sensasi diri sendiri yang tiba-tiba terjadi. Ada vertigo ringan dan tidak terlalu mencolok dan ada yang parah yang menghambat rutinitas.
Serangan vertigo bisa bermacam-macam, mulai dari sedikit vertigo dan muncul secara teratur hingga parah dan berkepanjangan. Serangan berat bisa dilanjutkan selama beberapa hari sehingga orang yang bersangkutan tidak bisa bergerak normal atau beraktivitas secara normal.
Tapi sakit kepala terasa lebih menyakitkan, jika vertigo ini kambuh lagi, pertolongan pertama untuk mengatasi kelainan gangguan saraf ini harus segera dilakukan. Ada beberapa Pertolongan Pertama Untuk Vertigo Sebagai berikut : 
1. Duduk Atau Berbaring
Vertigo yang kambuh secara tiba-tiba bisa membuat penderita terjatuh secara mendadak khususnya pada orang tua.
Jika ini terjadi maka bisa menyebabkan masalah yang cukup serius seperti patah tulang, pendarahan intra kranial dan juga kerusakan pada organ bagian dalam sampai menyebabkan kematian, untuk mencegah hal ini terjadi duduk atau berbaring sebelum vertigo semakin parah dan jatuh. Jangan terburu-buru untuk berdiri sebelum vertigo tersebut reda atau hilang.
2. Duduk Dengan Kaki Terangkat
Duduk secepat mungkin saat vertigo sedang kambuh di kursi atau di atas meja rendah dengan posisi kaki yang terangkat setelah itu, cobalah untuk menggerakan kaki mengarah ke kepala agar aliran darah bisa lancar ke area otak. Sesudah vertigo mereda, maka anda bisa berdiri secara perlahan dan tidak mendadak.
3. Jangan Membungkuk dan Memanjangkan Leher
Saat gejala ini sedang kambuh hindari untuk menmbungkukkan badan serta memanjangkan leher anda, berbaringlah dengan kepala yang sedikit terangkat memakai 2 buah bantal atau lebih sampai vertigo reda atau hilang, saat vertigo sudah reda, maka bangun secara perlahan, duduklah terlebih dulu dan setelah beberapa saat baru berdiri seperti biasa
4. Jongkok atau Menundukkan Kepala
Jika vertigo anda sedang kambuh waktu anda sedang berdiri atau berjalan khususnya di tempat ujmum, maka langsung berhenti dan segera tundukkan kepala anda atau dengan melakukan jongkok. Sandarkan kepala di bangku atau dinding terdekat dan relaksasi diri dengan menarik nafas dalam-dalam.
5. Menghindari Cahaya Terang
Usaha untuk menjauhkan diri dari ruangan atau area yang terlalu terang dan pilih tempat yang lebih gelap saat vertigo kambuh, sebab saat penyakit ini datang, maka organ mata akan lebih sensitif terhadap cahaya sehingga bisa menyebabkan penderita semakin bertambah pusing, mual dan muntah bahkan hingga pingsan.
6. Tarik Nafas Hingga Dalam
Melakukan penenangan saraf dengan cara menarik nafas dalam-dalam supaya peredaran darah bisa kembali lancar, tahan nafas selama lebih kurang tiga detik lalu hembuskan secara perlahan dan lakukan selama berulang kali sampai vertigo bisa mereda, maka posisikan kepala anda dalam posisi yang sangat nyaman dan usahakan untuk tidak bergerak secara berlebihan seperti menggelengkan kepala.
7. Berhenti Dipinggir Jalan
Apabila vertigo anda kambun di saat membawa kendaraan, maka hendak berlangsung berhenti di pinggir jalan dan beristirahatlah sebentar lalu lakukan teknik pernafasan. Dan jika sudah sedikit mereda jangan terburu-buru untuk melanjutkan perjalanan, usaha untuk mencari toko atau warung maka terdekat untuk minum teh hangat dan istirahat sekitar 20 - 30 menit dan bisa kembali mengemudi.
8. Minum Air Jahe
Jahe bisa digunakan sebagai pertolongan pertama pada vertigo untuk mengatasi rasa pusing tersebut, sebab tubuh bisa bereaksi cepat dengan air jahe ini. Segera minum air jahe saat vertigo kambuh dan rasa sakit akan langsung berkurang hanya dalam beberapa menit saja, namun tetap perlu mewaspadai efek samping jahe dengan tak mengonsumsinya berlebihan.
Itulah dari penjelasan mengenai Pertolongan Pertama Pada Penyakit Vertigo yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menjadi perhatian anda semua.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas