Tribunners

Blog Tribunners

Ketahui Cara Mengobati Luka yang Sulit Disembuhkan

Luka adalah sebuah kondisi kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa terjadi akibat trauma benda tumpul, benda tajam, suhu, dll

Penulis: Ani Nuraeni
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Ketahui Cara Mengobati Luka yang Sulit Disembuhkan
Net
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Luka adalah sebuah kondisi kerusakan atau hilangnya sebagian jaringan tubuh yang bisa terjadi akibat trauma benda tumpul, benda tajam, suhu , zat kimia , ledakan, gigitan hewan, konsleting listrik dan berbagai penyebab lain.
 Berbagai Jenis Luka
 1. Luka Memar
Kondisi yang diakibatkan oleh kerusakan pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu, menyebabkan darah menembus kejaringan sekitar, biasanya diakibatkan oleh benda tumpul.
2. Luka Lecet
Luka lecet adalah luka yang terjadi akibat kerusakan pada bagian atas kulit, kulit menjadi merah, lesi, berdarah dan adanya rembesan cairan bening.
3. Luka Akibat Listrik
Terjadi karena arus listrik melintas di tubuh dan adanya lonjakan arus besar. atau bisa juga dengan petir.
4. Luka Robek
Cedera akibat pecahnya permukaan kulit dan jaringan di bawahnya. Biasanya karena benda tumpul yang sangat kuat, sehingga melampaui tingkat elastisitas dan otot kulit
5.Luka Tusukan
yaitu luka yang tertusuk oleh benda tajam.
6. Luka Bakar.
Luka bakar langsung atau tidak langsung, termasuk paparan sinar matahari jangka panjang, bahan kimia dan listrik juga memungkinkan luka bakar.
Bagaimana Cara Untuk Mengeringkan Luka Atau Mengobati Luka Yang Sulit Untuk Disembuhkan ?
1. Melakukan pembersihan atau perendaman dengan menggunakan air hangat yang sebelunya diberi garam secukupnya. ini untuk menghambat pendarahan dan mensterilkan luka.
2. Jika tidak dengan air hangat yang telah diberi garam bisa juga dibersihkan dengan menggunakan kapas yang telah dicelupkan dicairan alkohol lalu tekanlah luka sedikit agar luka tidak mengalami infeksi dan dapat menghentikan pendarahan jika memang lukanya mengeluarkan darah
3. Oleskan cairan antiseptik atau salep antibiotik  untuk mencegah infeksi dan pelebaran luka dan untuk menghindari pembengkakan disekitar area luka.
4. Balutlan luka dengan kain kasa secar perlahan lahan dan tidak perlu terlalu kencang, karena hal ini fhanya akan membuat penekanan diarea luka yang hanya akan menyebabkan aliran darah mernjadi terhambat.
5. Jika luka diakibatkan karena benda berkarat sebaiknya segeralah berobat dan berkonsultasi pada dokter yang terkait agar mendapat suntikan anti retanus jika memang diperlukan.
6. Selama luka dibalut usahakan banyaklah mengkonsumsi banyak minum air putih dan makanan yang bernutrisi tinggi agar pertumbuhan atau regenerasi sel sel baru diarea luka cepat terjadi. Misalnya makanan yang mengandung zat asam amino atau nprotein tinggi termasuk ikan, kacang panjang, produk susu rendah lemak, ayam tanpa kulit dan putih telur serta sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan sebagainya. 
7. Bagi yang mengalami luka yang memar membiru dibeberapa bagian tubuh akibat jatuh dari motor atau jatuh dari ketinggian, maka si penderita disarankan untuk mandi dengan air hangat yang sebelumnya telah dicampur dengan air rebusan daun sereh dan sirih yang telah disaring. nutrisi atau zat anti peradangan yang ada didalamnya mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks , segar dan meningkatkan daya tahan tubuh.
8. Untuk mendukung penyembuhan luka sipenderita diwajibkan untuk beristirahat cukup dan menghindari begadang yang terlalu sering jika tidak ada kepentingan yang mendesak. Beristirahat adalah proses penenagna dan perileksan organ tubuh yang mengalami kerusakan agar membentuk sel sel baru disekitar luka dan mempercepat pengeringan.
 9. Mengkonsumsi suplemen atau buah buahan segar yang mengandung Vitamin C dan K yang kuat.Karena kedua vitamin ini sangat mempengaruhi daya tahan tubuh dan proses pembnekuan darh terhadap luka yang mengalami pendarahan.
10. Berjemur dibawah sinar matahari antara pukul 6.30 sampai pukul 8.00 yang sangat membantu mempercepat pengeringan dan penyembuhan luka. sinar matahari pagi selain mengandung vitamin D yang baik untuk kepadataan tulang ternyata mengandung anti bakteri dan virus yang ampuh untuk mengatasi luka dalam atau luka memar agar terhindar dari infeksi.
Itulah beberapa tahapan cara untuk mengobati luka dengan cepat kering dan cepat sembuh dari tubuh yang dapat kami sampaikan. Sebaik apapun obat yang Anda gunakan jika dalam merawat luka tidak benar maka akan membuat luka sulit untuk dikeringkan.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas