Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Minum Susu Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Benarkah susu bisa menurunkan darah tinggi? Susu yang bagaimana? Apakah semua susu bisa menurunkan darah tinggi?

Minum Susu Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?
DOK
ILUSTRASI SUSU
TRIBUNNERS - Benarkah susu bisa menurunkan darah tinggi? Susu yang bagaimana? Apakah semua susu bisa menurunkan darah tinggi? 
Seperti yang telah kita ketahui, tekanan darah tinggi sering kali dikaitkan dengan kekurangan kalsium dalam tubuh. Untuk mengatasinya, tentunya Anda harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang banyak mengandung kalsium. Dan susu rendah lemak bisa menjadi salah satunya.
Susu rendah lemak dapat menghindari kadar lemak darah tinggi yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Yang harus diingat konsumsi susu rendah lemak tapi yang kaya akan kalsium.
Ini karena, mengkonsumsi susu yang banyak mengandung lemak dalam tubuh akan membuat lemak di tubuh menumpuk, akhirnya menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika seperti ini, risiko stroke, penyakit jantung, dan lain-lain, akan lebih tinggi.
Susu rendah lemak ini mampu menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah. Ini karena kandungan kalsium dan vitamin D yang bisa mengurangi tekanan darah 3 sampai 10%. Walau terlihat hanya sedikit tapi susu rendah lemak mengurangi penyakit kardiovaskular sebanyak 15%.
Walaupun begitu, minum susu kedelai harus diimbangi juga dengan olahraga yang teratur serta minum air putih dalam jumlah yang cukup minimal 8 gelas per-hari.
Kekurangan air atau dehidrasi juga bisa menyebabkan pembuluh darah mengerut. Hal ini tentu akan membuat kerja jantung menjadi lebih keras, hingga akhirnya terjadilah kenaikan tekanan darah. 
Menurut para ahli kesehatan, mengkonsumsi susu rendah lemak sebanyak 3 gelas susu setiap hari, berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah, dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan kekurangan kalsium.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas