Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Inilah Beda Sakit Kepala yang Menandakan Gejala Stroke

Ahli saraf dari Bethsaida Hospital dr. Puspasari, menjelaskan sakit kepala yang membedakan sakit kepala ciri stroke dari sakit kepala lainnya, sepert

Inilah Beda Sakit Kepala yang Menandakan Gejala Stroke
Shutterstock/Kompas.com
Ilustrasi 
TRIBUNNERS - Karena menyerang bagian-bagian otak, stroke muncul dengan gejala sakit kepala. Sayangnya, ini sering diabaikan dan dianggap hanya sakit sesaat.
Ahli saraf dari Bethsaida Hospital dr. Puspasari, menjelaskan sakit kepala yang membedakan sakit kepala ciri stroke dari sakit kepala lainnya, seperti migrain, vertigo, atau sakit kepala karena kelelahan dan stres.
Dr. puspa menuturkan Sakit kepala memiliki skala nyeri 0 sampai 10. Untuk 0 sama sekali tidak sakit, sementara tingkat 10 sakit kepala membuat kita tidak bisa beraktivitas. Jika gejala stroke tingkatan sakitnya dari 7 sampai 10, biasanya pasien tidak bisa lagi melakukan aktivitas.
Menurutnya sakit kepala akibat migrain atau vertigo masih ada pada tingkat 6 dan penderita masih bisa melakukan aktivitas sekalipun sakitnya sangat mengganggu.
Kondisi transient ischemic attack (TIA) atau penyumbatan pembuluh darah di otak sementara dapat menyebabkan gejala sakit kepala ini. Menurut dr. Puspa Kondisi yang menyebabkan sakit kepala, dalam hitungan menit atau beberapa jam ini, disebut stroke ringan atau minor stroke.
Selain sakit kepala yang parah, gejala lain yang juga harus diwapadai sebagai gejala stroke seperti, mati rasa pada wajah, tangan, atau kaki, sulit berjalan, pusing, gangguan menelan, kehilangan keseimbangan dan sebagainya.
Jika gejala tersebut terus diabaikan, 40% orang penderita TIA biasanya akan menderita stroke, jadi harus diperiksa ke dokter kalaupun bukan gejala stroke, sakit kepala bisa disebabkan oleh saraf terjepit atau darah tinggi. Ujar dr.Puspa.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas