Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Kenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

Meski tampak menakutkan, namun mimisan umum terjadi dan jarang disebabkan oleh kondisi yang serius

Kenali Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya
net
hentikan mimisan1 

TRIBUNNERS - Ingus berdarah biasanya juga disebut mimisan oleh masyarakat. Meski tampak menakutkan, namun mimisan umum terjadi dan jarang disebabkan oleh kondisi yang serius.

Mimisan sebenarnya tidak perlu terlalu dikhawatirkan, kecuali sering terjadi, disebabkan cedera atau terjadi setelah kecelakaan. Jika hal ini terjadi, segeralah temui dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan sehingga lekas mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Berbagai Kemungkinan Penyebab
Penyebab ingus berdarah atau lendir yang mengandung darah yang berwarna merah atau kecokelatan, sering terjadi akibat hidung terlalu kering dan iritasi oleh karena menggosok, mengorek maupun membuang ingus secara berlebihan. Darah sebagian besar berasal dari dalam lubang hidung yang memiliki banyak pembuluh darah rapuh dan mudah terluka.

Penyebab lain yang umum ditemukan, antara lain adanya benda yang tersangkut di dalam hidung, udara dingin, iritasi dari zat kimia, reaksi alergi, bersin berulang kali, luka pada hidung, dan infeksi saluran pernapasan atas. Ingus berdarah juga bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi, gangguan pembekuan darah, dan kanker.

Mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, misalnya aspirin, dan mengonsumsi obat antihistamin atau dekongestan yang dapat membuat hidung terasa kering, juga dapat mempermudah terjadinya mimisan.

Cara Mengatasi Ingus Berdarah
Untuk ingus berdarah yang disebabkan oleh penyebab-penyebab umum di atas, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa langkah berikut:

-Tetap duduk tegak dengan kepala berada lebih tinggi dari jantung. Jangan berbaring.

-Condongkan badan ke arah depan sedikit saja dengan posisi kepala tidak menengadah agar darah tidak mengalir kembali ke arah tenggorokan yang bisa menyebabkan Anda tersedak darah. Pelan-pelan tiup gumpalan darah keluar dari hidung.

-Cubit bagian lunak dari hidung dengan ibu jari dan telunjuk. Beri sedikit tekanan sambil tetap mencubit hidung. Anda bisa bernapas melalui mulut selama melakukan hal ini.

-Tahan selama 5-10 menit dan ulang hingga darah berhenti.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: newsmenit
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas