Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

Kebiasaan Sepele ini Bisa Picu Kanker Serviks

Kanker jenis ini pemicu utamanya ialah virus bernama Human Paviloma Virus atau sering disebut HPV. Virus ini memang mudah sekali menjangkit tubuh.

Kebiasaan Sepele ini Bisa Picu Kanker Serviks
Shutterstock
Ilustrasi 
TRIBUNNERS - Kanker serviks sudah menjadi momok bagi para wanita dewasa saat ini. Setiap tahun penderita kanker jenis ini terus bertambah.

Kanker jenis ini pemicu utamanya ialah virus bernama Human Paviloma Virus atau sering disebut HPV. Virus ini memang mudah sekali menjangkit tubuh. 

Nah Dilansir dari laman Vix.com, Berikut ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu terjadinya kanker serviks pada wanita.

1 Merokok

Menurut Angélica Nogueira, seorang ahli onkologi Brasil menyebut bahwa kebiasaa merokok dapat mengubah kekebalan tubuh perempuan menjadi rusak dan perubahan ini meningkatkan risiko terjadinya infeksi oleh virus HPV. 

2 Tidak membersihkan organ intim secara rutin

Flora vagina juga merupakan bagian dari imunitas seorang wanita. Oleh karena itu, kondisi kebersihan orgam intim yang buruk dapat mengubah flora vagina.

Sehingga bisa terjadi peningkatkan bakteri jahat serta menurunkan jumlah bakteri baik dengan demikian kebiasaan inilah yang memicu penyebaran virus atau penyebaran penyakit lebih mudah. 

3 Seks Lebih dini

Wanita yang sudah melakukan seks di usia dini sangat berpotensi terjangkit virus penyebab kanker serviks ini. Seks tidak sepenuhnya terlindungi dari virus oleh kondom karena penularan dapat terjadi melalui kontak kulit, dan karena itu, semakin muda anda melakukan seks, semakin banyak kemungkin terjangkitnya virus berbahaya ini. 

4 Penggunaan kontrasepsi yang salah

Menurut spesialis, pil kontrasepsi juga bertanggung jawab atas timbulnya penyakit kanker serviks. Memang saat ini pil kontrasepsi sering dikeluhkan oleh banyak wanita karena fungsinya yang tidak terlalu bagus. 

Maka dari itu sebaiknya anda berkonsultasi dulu sebelum menentukan alat kontrasepsi dengan dokter.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas