Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

5 Jenis Olahraga yang Disarankan bagi Penderita Penyakit Jantung

Pemanasan yang cukup agar kita terhindar dari cidera serta membuat otot jantung beradaptasi dengan kegiatan yang kita lakukan.

Penulis: tinah sutinah
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in 5 Jenis Olahraga yang Disarankan bagi Penderita Penyakit Jantung
Warta Kota/Paulus Trigo
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Olahraga memang menjadi salah satu cara untuk selalu menjaga kesehatan kita, tapi tidak semua orang dengan kondisi tubuhnya dapat melakukan olahraga.

Ada beberapa penyakit yang membuat seseorang mustahil melakukan olahraga bahkan jika tetap memaksakan diri bisa berakibat fatal bagi kesehatan orang tersebut.

Olahraga yang tepat dan benar akan dapat menyembuhkan beberapa penyakit jika dilakukan dengan teratur dan tidak melebihi kapasitas dari kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas olahraga.




Olahraga yang berlebihan bukan memberikan manfaat yang positif untuk kita tapi malah akan berakibat negatif terutama bagi penderita sakit jantung.

Ada 5 Macam olahraga bagi penderita penyakit jantung yang bisa dilakukan, diantaranya :

1. Aerobik

Meskipun pada aerobik terdapat banyak gerakan yang energik tapi gerakan pada aerobik tidak membuat kerja otot – otot jantung menjadi berat.

BERITA TERKAIT

2. Berjalan Kaki

Menggerakan hampir seluruh bagian tubuh. Sama halnya pada aerobik, berjalan kaki juga tidak akan membuat oto jantung bekerja keras.

3. Meditasi

Meditasi adalah aktivitas yang tidak menguras tenaga banyak. Meditasi berguna untuk mengatur intesitas nafas dan membuat tenang pada kondisi batin.

4. Sepeda Santai

Melakukan aktivitas sepeda santai akan membuat otot jantung bekerja dengan intensitas ringan hingga sedang sehingga tidak akan berakibat fatal pada otot jantung.

5.Bulu tangkis, futsal, sepak bola dan bola basket

Olahraga-olahraga diatas memang dapat memacu kerja otot jantung tetapi pada olahraga ini terdapat waktu untuk beristirahat yang berfungsi sebagai pengatur tempo gerakan otot jantung.

Sebaiknya sebelum melakukan aktivitas olahraga lakukan pemanasan yang cukup. Pemanasan yang cukup agar kita terhindar dari cidera serta membuat otot jantung beradaptasi dengan kegiatan yang kita lakukan. 

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas