Tribunners

Blog Tribunners

Waspada, Inilah Gejala Kanker Hati

Kanker hati adalah kanker yang berasal dari hati atau organ hati, kanker ini adalah penyebab paling umum kematian kedua akibat kanker di seluruh dunia

Penulis: silmi alimatul ukhti
Editor: Malvyandie Haryadi
Waspada, Inilah Gejala Kanker Hati
NET
Ilustrasi

TRIBUNNERS - Kanker hati adalah kanker yang berasal dari hati atau organ hati, kanker ini adalah penyebab paling umum kematian kedua akibat kanker di seluruh dunia, setelah kanker paru-paru.

Sekitar 83% kasus kanker hati di dunia terjadi di negara berkembang. Penyebab tingginya kasus kanker hati di negara berkembang adalah tingginya pula kasus hepatitis B dan C di negara-negara ini, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, diperkirakan ada 18.000 kasus baru kanker hati setiap tahun, berdasarkan data pada tahun 2012. Angka ini diperkirakan meningkat seiring dengan meningkatnya terus jumlah pasien hepatitis B dan C yang saat ini mencapai 30 juta jiwa.

Seperti yang kita tahu apapun jenisnya penyakit kanker yang terdeteksi sejak dini akan lebih mudah untuk diobati, termasuk kanker hati berikut beberapa gejala kanker hati pada tahap awal.

1. Lidah terasa pahit,
2. Nyeri pada perut,
3. Mengalami penurunan nafsu maka,
4. Terjadi Kaki dan Tangan Bengkak
6. Penyakit Kuning
7. Penurunan Berat Badan
8. Komplikasi
9. Perubahan Warna Kotoran dan Urin
10. Kelelahan

Ada pepatah mengatakan bila lebih baik mencegah daripada mengobati bukan, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker hati :

-Kurangi rokok dan minuman beralkohol,
- Kurangi konsumsi daging olahan seperti sosis, nugget dan lainnya,
-Istirahat yang cukup,
-Memberikan vaksin hepatitis B,
-Olahraga secara teratur,
-Hindari paparan bahan kimia berbahaya,
-Makan teratur,
-Mengkonsumsi makanan pencegah kanker,

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas