Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Hati-hati Ini Penyebab Terjadinya Kerusakan Organ Hati

Banyak yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan organ hati seperti, minum alkohol berlebihan, seks bebas, virus hepatitis B, virus hepatitis C, dan

Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Samuel Febrianto
zoom-in Hati-hati Ini Penyebab Terjadinya Kerusakan Organ Hati
Organ hati 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Banyak yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan organ hati seperti, minum alkohol berlebihan, seks bebas, virus hepatitis B, virus hepatitis C, dan lain-lain.

Namun yang paling dominan untuk menyerang organ hati adalah yang disebabkan oleh meminum-minuman alkohol berlebihan, virus hepatitis B, dan virus hepatitis C.

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya kerusakan pada organ hati.

1 Virus Hepatitis B

Virus hepatitis B ini dapat disebabkan oleh infeksi virus yang dapat mempengaruhi terhadap kerusakan pada hati dan menyebabkan sirosis hati. Jika saja virus hepatitis B memberikan pengaruh terhadap organ hati, maka hal itu akan menyebabkan infeksi kronis pada organ hati. Virus hepatitis ini juga dapat menyebar atau menular melalui jarum suntik dan berhubungan seksual secara bebas dan tidak aman.

2 Virus Hepatitis C

Kebanyakan kasus yang terjadi pada hepatitis C disebabkan oleh infeksi virus yang dapat tersebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi. Virus hepatitis C ini dapat menjadi jangka panjag dan menyebabkan sirosis hati. Kerusakan organ hati yang terjadi di Eropa dan Amerika banyak disebabkan oleh virus hepatitis C ini.

3 Mengkonsumsi Alkohol Secara Berlebihan

Pola hidup seseorang juga ternyata dapat menjadi penyebab penyakit kerusakan hati (sirosis hati). Seperti halnya mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan peradangan dan perlemakan pada organ hati.

Seseorang yang kecanduan terhadap alkohol dan mengkonsumsinya sudah lama akan dapat mengalami kerusakan hati ketika terkena penyakit hati alkohol yang menyebabkan timbulnya luka sehingga terbentuknya jaringan parut pada organ hati.

BERITA TERKAIT

Jika kuantitas alkohol yang dikonsumsi sangat tinggi, akan dapat membuat hati bekerja menjadi lebih keras dan jaringan hati dapat menjadi rusak.

Itulah berbagai penyebab yang dapat mengakibatkan seseorang terkena kerusakan organ hati. Hal seperti itu tentunya kita harus mengetahi pula bagaimana cara pengobatannya supaya sembuh dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk saat ini masih belum ada pengobatan medis yang dapat meringangkan atau menyembuhkan penyakit kerusakan hati ini. Akan tetapi ada sebuha pengobatan yang dapat membantu menyembuhkan dan mencegah penyakit kerusakan hati ini agar tidak mengakibatkan sirosis semakin parah.

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas