Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribunners
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

8 Penyebab Munculnya Komedo Putih di Hidung

Penyebab pertama yang harus kalian perhatikan adalah akibat dari asupan makanan yang kamu konsumsi. Hal ini bisa saja makanan yang kamu konsumsi tidak

8 Penyebab Munculnya Komedo Putih di Hidung
net
Komedo wajah

 

1 Akibat dari makanan yang tidak sehat

Penyebab pertama yang harus kalian perhatikan adalah akibat dari asupan makanan yang kamu konsumsi. Hal ini bisa saja makanan yang kamu konsumsi tidak sehat atau memiliki kandungan yang dapat memicu tumbuhnya komedo putih pada wajah kamu. Makanan yang dapat memicu tumbuhnya komedo putih antara lain adalah makanan cepat saji atau junk food, sea food, makanan berlemak, makanan manis, makanan dengan kandungan susu yang tinggi dan makanan kaleng.

Bukan berarti kamu tidak boleh mengkonsumsi makanan tersebut tapi sebaiknya aturlah jumlah konsumsi makanan tersebut dan tidak boleh terlalu sering.

2 Wajah menghasilkan minyak yang berlebih

Penyebab yang satu ini bisa saja dikarenakan faktor hormonal dan juga bisa juga karena sering mengkonsumsi makanan yang berlemak. Sudah pasti jika kamu memiliki wajah yang berminyak, maka komedo putih akan sangat mudah tumbuh pada kulit wajah kamu.

Salah satu cara untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah kamu adalah, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang berlemak sebisa mungkin hindari, pakailah pencuci muka khusus untuk kulit wajah berminyak, dan rutinlah mengkonsumsi air putih. Hal tersebut bisa membantu bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak.

3 Pola hidup yang tidak sehat

Jika kamu sudah melakukan beberapa cara untuk menghilangkan komedo, akan tetapi komedo itu tetap saja tidak hilang bahkan malah bertambah lebih banyak dari sebelumnya. Maka kamu jangan dulu menyalahkan produk yang kamu pakai untuk menghilangkan komedo, bisa saja ini karena pola hidup kamu yang tidak sehat.

Contoh pola hidup yang tidak sehat diantaranya adalah jarang memperhatikan kebersihan tubuh, tidak peduli dengan kebersihan tempat yang kamu tinggali, dan hal yang sangat berpengaruh adalah jam istirahat yang tidak teratur. Karena jika kamu sering tidur terlalu larut, hal itu akan mempersulit kulit kamu melakukan regenerasi sehingga kemungkinan besar kulit kamu akan menjadi rusak.

4 Cara menggunakan make up yang salah

Bisa kamu perhatikan perbandingan pria dan wanita, siapa yang paling sering rentan terkena masalah komedo? Pasti banyak yang mengatakan bahwa wanitalah yang lebih sering memiliki masalah dengan komedo. Mengapa demikian? Ini dikarenakan oleh cara penggunaan make up yang salah dan sering mengandalkan make up dimana pun dan kapan pun.

Walaupun memang benar make up dapat membuat seorang wanita terlihat lebih cantik, akan tetapi tetap saja jika kalian terlalu sering menggunakan make up, maka kulit wajah kamu akan mudah terserang komedo. Hal ini karena  make up dapat menyumbat pori-pori kulit wajah sehingga komedo akan muncul dengan sangat mudah.

5 Merokok atau sering terkena asap rokok

Menurut penelitian oleh dokter ahli kulit, mereka menyatakan bahwa seseorang yang merokok atau sering terkena asap dari rokok, maka komedo putih akan sangat mudah menyerang kulit mereka dibanding orang yang tidak merokok.

6 Akibat memencet jerawat

Bagi kamu yang sering sekali memencet jerawat karena sudah tidak sabar, maka hentikanlah kebiasaan tersebut sekarang juga. Karena selain dapat meninggalkan bekas jerawat, kegiatan seperti memencet jerawat juga dapat menimbulkan komedo. Hal ini dikarenakan sata kita memencet jerawat maka folikel rambut pada kulit tersebut akan pecah dan menimbulkan tumbuhnya komedo.

7 Akibat produk pencuci muka dan terlalu sering mencuci wajah

Tidak hanya karena faktor hormonal dan juga karena akibat kecerobohan diri sendiri, komedo putih juga dapat muncul karena produk pencuci muka yang kita pakai itu mengandung bahan kima seperti isopropyl myristate, propylene glycol. Kandungan seperti itu sangatlah berpengaruh terhadap munculnya komedo pada wajah.

Selain memencet jerawat, kebiasaan seperti terlalu sering mencuci wajah juga ternyata dapat mengakibatkan folikel rambut pada permukaan kulit wajah akan pecah.

8 Faktor cuaca

Biasanya komedo mudah menyerang seseorang pada cuaca panas, hal ini terjadi karena pada cuaca panas sering terdapat debu dan polusi. Dan kamu juga sudah tahu bahwa debu dan polusi sangatlah tidak baik bagi kulit wajah, ditambah lagi jika kulit wajah kamu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung maka akan memicu tumbuhnya komedo pada area hidung.

Selengkapnya

Ikuti kami di
Penulis: aji herbal
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas