Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners
Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.


Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Tribunners / Citizen Journalism

Terkait Caleg Koruptor Boleh Ikut Pemilu, Pengamat:Putusan MA Bikin Rusak Susu Sebelanga

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, prosedur dalam proses revisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan A

zoom-in Terkait Caleg Koruptor Boleh Ikut Pemilu, Pengamat:Putusan MA Bikin Rusak Susu Sebelanga
Tribunnews.com/Glery
KPU RI diminta segera menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA) mengenai uji materi PKPU Nomor 20 Tahun 2018 dan PKPU Nomor 26 Tahun 2018 yang melarang mantan koruptor mendaftarkan diri sebagai bacaleg. 

Dikirimkan oleh Lembaga Survei & Riset Politik,
GAJAH MADA ANALITIKA

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, prosedur dalam proses revisi Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif tidaklah singkat.

Revisi perlu dilakukan setelah Mahkamah Agung (MA) memutuskan aturan terkait larangan mendaftar sebagai caleg bagi eks narapidana kasus korupsi tak sesuai dengan Undang-Undang Pemilu. Adanya putusan itu membuat larangan tersebut perlu direvisi.

Baca: Pengamat: Tak Perlu Penandaan Mantan Koruptor di Surat Suara

Prosedur-prosedur tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Berkaca dari hal tersebut, Arief pun pesimistis revisi KPU bisa tuntas sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) yang jatuh pada 20 September 2018.

"Jadi ini rasa-rasanya tidak terkejar. Kita harap MA juga cepat memutus ini, dan kalau memang targetnya sebelum tanggal 20 September karena akan ada DCT, maka ada hal yang harus dilakukan dengan cara-cara yang luar biasa," jelas Arief di Jakarta.

Baca: Berikut 6 Fakta Menarik yang Dimiliki Kabupaten Grobogan

Terkait hal itu, Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Gajah Mada Analitika, Herman Dirgantara mengaku pesimis proses revisi PKPU dapat selesai sebelum pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) pada 20 September.

"Ini (Putusan MA) memang patut disesali, mengingat pengumuman DCT dijadwalkan pada 20 September mendatang. Tentu saya pesimis revisi PKPU itu bisa selesai sebelum pengumuman DCT. Apalagi salinan putusan MA saja belum diterima oleh KPU," tukil Herman ketika dihubungi di Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

Wakil Sekjend Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (ISRI) ini pun menambahkan, seharusnya Mahkamah Agung (MA) bisa lebih bijaksana dalam memutuskan. Mengingat dampak yang ditimbulkan keluarnya putusan itu berpotensi mengacaukan tahapan pemilu.

"Saya kira seharusnya perlu kehati-hatian ya untuk memutuskan. Kesannya saya bisa katakan ibarat nila setitik, putusan MA ini seolah bikin rusak susu sebelanga. Karena tahapan revisi gak sembarangan, ada prosedurnya." tegas Herman

Sebelumnya, Mahkamah Agung memberi putusan uji materi terhadap pasal 4 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 yang memuat larangan mantan narapidana korupsi maju sebagai calon anggota legislatif (caleg).

Dalam putusannya, MA menyatakan bahwa larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg bertentangan dengan UU Pemilu.

Putusan tersebut akan berakibat pada berubahnya status tidak memenuhi syarat (tms) bakal caleg napi korupsi menjadi memenuhi syarat (ms). Artinya, mantan napi korupsi diperbolehkan untuk maju sebagai caleg.

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas