Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

PLN Berhasil Operasikan Transmisi Listrik Brastagi hingga Kutacane

Di penghujung tahun 2018, PLN berhasil menyelesaikan dan mengoperasikan setidaknya tiga proyek transmisi kelistrikan di Sumatera.

PLN Berhasil Operasikan Transmisi Listrik Brastagi hingga Kutacane
HANDOUT
Foto ilustrasi 

TRIBUNNERS - Di penghujung tahun 2018, PLN berhasil menyelesaikan dan mengoperasikan setidaknya tiga proyek transmisi kelistrikan di Sumatera.

Brastagi di Sumatera Utara hingga Kutacane, di Aceh kini sudah tersambung oleh jaringan transmisi listrik 150 kilo Volt (kV) sepanjang 110 kilo meter sirkit (kms) yang ditopang dengan 354 tower.

Untuk menambah kehandalan listrik di Kutacane, PLN pun telah mengoperasikan Gardu Induk (GI) kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA).

Direktur Bisnis PLN Regional Sumatera Wiluyo Kusdwiharto mengatakan dengan transmisi ini kelistrikan Kutacane sudah masuk sistem Sumatera sehingga semakin handal.

Baca: Persib Bandung Semoga Dapat Hasil Terbaik di Liga 1 2019 kata Atep

“Daerah Kutacane sebelumnya disuplay oleh pembangkit diesel Kuning 5,2 MW. Dengan beroperasinya transmisi baru ini, Kutacane sudah gabung dengan sistem listrik Sumatera. Dengan tidak lagi memakai diesel, ada potensi keuntungan mencapai 4,6 miliar per tahun,” ungkap Wiluyo.

Baca: 4 Fakta Anggota Brimob Tewas Dibacok di Jalan: Polri Minta Tak Ada Balas Dendam

Di tempat lain, PLN pun berhasil menyambung transmisi listrik 150 kV sepanjang 65,8 kms antara Seputih Banyak ke Menggala, Lampung. Menjadikan transfer listrik dari Sumatera bagian selatan ke Lampung makin handal.

“Ya, Seputih Banyak – Menggala sudah resmi operasi per 29 Desember 2018 ini. Proyek lama, sudah berumur 11 tahun, selesai sudah,” jelas Wiluyo.

Sedangkan di Riau, PLN berhasil mengoperasikan tambahan trafo kapasitas 60 MVA di Gardu Induk Pasir Putih. Satu trafo ini menambah kapasitas GI Pasir Putih menjadi total 120 MVA.

“Trafo baru ini bisa untuk menambah jumlah pelanggan, yang artinya bisa meningkatkan penjualan PLN di sekitar Pasir Putih,” terang Wiluyo.

“Secara sistem, penambahan trafo ini juga mampu memperkuat kehandalan,” pungkas Wiluyo.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas