Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribunners

Blog Tribunners

Kebiasaan Ini Bisa Picu Kanker di Usia Muda

Jumlah orang yang meninggal akibat kanker terus meningkat pesat dan menjadi ancaman bersama untuk semua orang.

Penulis: Goldokter
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Kebiasaan Ini Bisa Picu Kanker di Usia Muda
kontan.co.id
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Jumlah orang yang meninggal akibat kanker terus meningkat pesat dan menjadi ancaman bersama untuk semua orang.

Penyakit kanker juga tidak menganl usia, mereka yang masih muda pun kini memiliki risiko tinggi terserang penyakit mematikan ini.

Tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa, salah satu alasan kanker muncul dan meningkat dengan cepat adalah karena kebiasaan sehari-hari. Nah berikut beberapa kebiasaan pemicu kanker yang sebaiknya kamu hentikan.

1. Makan Daging Terlalu sering

Sebuah studi oleh National Institute of Nutrition pada tahun 2017 menunjukkan banyak anak muda yang malas makan sayuran. Mereka lebih suka makan daging, terutama daging yang cepat saji. Sementara itu, jumlah daging yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu banyak masalah.

Kebiasaan makan yang tidak seimbang ini meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal, karena pola makan yang kekurangan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kebiasaan makan daging tanpa makan sayuran juga membuat tubuh lebih rentan terhadap obesitas,

2. Kecanduan Rokok

BERITA TERKAIT

Menurut sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, Indonesia adalah salah satu dari 15 negara dengan jumlah perokok tertinggi di dunia. Kebiasaan merokok bisa memicu banyak penyakit apalagi jika anda sampai kecandunan. Tembakau bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti kardiovaskular, tekanan darah, dan stroke. Yang paling berbahaya adalah kanker seperti kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kerongkongan, kanker mulut.

Dalam asap rokok mengandung banyak zat beracun seperti nikotin, amonia, metanol formaldehida. Zat beracun ini tidak hanya secara langsung mempengaruhi kesehatan perokok, Ketika asap rokok dilepaskan ke lingkungan, itu mempengaruhi orang sekitar, terutama anak-anak, wanita.

3. Kebiasaan begadang

Kebiasaan begadang hingga larut malam untuk bekerja, menonton film, atau bermain game sangat memengaruhi kesehatan, menyebabkan gangguan ritme tubuh. Kebiasaan ini biasa terjadi pada anak muda jaman sekarang.

Studi terbaru menunjukkan bahwa kejadian kanker pada orang muda meningkat secara mengejutkan oleh kebiasaan begadang. Sering begadang bisa meningkatkan risiko kanker payudara hingga kanker prostat. 

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas