Tribunners

Blog Tribunners

Makanan yang Baik untuk Penderita Maag Kronis

Mengalami penyakit maag apalagi yang sudah kronis seringkali membuat kebingungan memilih makanan apa

Penulis: popopipi1
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Makanan yang Baik untuk Penderita Maag Kronis
Growing Magazine via TribunTravel
Brokoli 

TRIBUNNERS - Mengalami penyakit maag apalagi yang sudah kronis seringkali membuat kebingungan memilih makanan apa yang bagus untuk maag agar tidak kambuh. Betul?

Nah, salah satu sumber memaparkan beberapa makanan yang bagus untuk maag kronis yang dapat dikonsumsi, tidak menyebabkan maag kambuh, serta dapat membantu menjaga kesehatan dan perbaikkan sistem pencernaan di lambung. Berikut diantaranya :

Brokoli

Maag disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori yang menginfeksi lambung sehingga lambung menjadi terluka. Nah, brokoli ini mengandung sulforaphone yang efektif membunuh bakteri H. pylori yang ada di lapisan lambung Anda. Ini dibuktikan oleh salah satu penelitian medis. Jika ingin merasakan khasiat yang lebih bagus, kecambah brokoli bisa menjadi pilihan karena mengandung 20 - 50 kali lebih banyak sulforaphone dibanding dengan brokoli yang sudah besar.

Bawang putih

Jangan berkata "ih" dulu. Kandungan antimikroba, antijamur dari bawang putih ini efektif mencegah dan membunuh pertumbuhan bakteri H.pylori. Ini karena bakteri ini sangat sensitif terhadap kandungan antimikroba dan antibakteri. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung atau dibakar terlebih dahulu.

Probiotik

Probiotik atau bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacterium dapat menjaga lapisan lambung dan saluran usus sehingga dapat melancarkan pencernaan. Probiotik ini bisa didapatkan pada yogurt, tempe, kefir, miso (kedelai fermentasi), asinan kubis, dan banyak lagi.

Wortel

Tidak hanya untuk mata, wortel ternyata baik untuk lambung. Vitamin A dalam wortel ternyata bisa melindungi lapisan lambung dari bakteri H.pylori. Wortel ini berperan sebagai pencegah, dan mengobati lapisan lambung yang terluka akibat infeksi. Selain itu, wortel dapat mencegah kanker lambung.

Oatmeal

Siapa yang suka oatmeal?

Oatmeal kaya akan serat. Penderita maag kronis sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Mengkonsumsi oatmeal bisa membantu meredakan gejala maag kronis, membantu melancarkan sistem pencernaan dan yang pasti membantu mencegah dan membunuh bakteri penyebab maag kronis.

Makanan tinggi serat

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa makanan tinggi serat dapat membantu menurunkan risiko sakit maag lebih buruk hingga 60%. Beberapa sumber serat terbaik dapat Anda peroleh dari kacang-kacangan seperti almond, biji-bijian seperti chia atau rami, biji-bijian yang bertunas (biji – bijian bebas gluten seperti gandum, quinoa, beras liar, soba).

Selengkapnya

Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas