Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Perbedaan Sistem Bunga dan Sistem Bagi Hasil dari Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah

Bank merupakan roda penggerak perekonomian suatu negara. Kehadiran bank dapat diartikan sebagai badan yang dapat memberikan kredit

Perbedaan Sistem Bunga dan Sistem Bagi Hasil dari Perbankan Konvensional dan Perbankan Syariah
syariahbank.com
Ilustrasi 

Oleh: Diandra Sabila Nigara

Bank merupakan roda penggerak perekonomian suatu negara. Kehadiran bank dapat diartikan sebagai badan yang dapat memberikan kredit serta menghimpun dana masyarakat dalam suatu negara.

Di Indonesia, terdapat duasistem perbankan. Yakni, Sistem Perbankan Konvensional dan Sistem Perbankan Syariah.

Pada umumnya Perbankan Syariah dan Perbankan Konvensional sama-sama bertugas sebagai penghimpun dana masyarakat (nasabah).

Berdasarkan Statistik Perbankan Syariah (SPS) pada Januari 2018 lalu, tercatat bahwa pertumbuhan nasabah Bank Syariah naik sebanyak 18,05% pertahun.

Disisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyatakan bahwa Bank Konvensional menduduki posisi lebih rendah 4-5% dibawahnya. Pertumbuhan nasabah Bank Konvensional hanya berkisar 14% per tahunnya.

Namun, dalam pengelolaan penghimpunan dana nasabahnya, kedua Sistem Perbankan ini memiliki perbedaan yang dapat menjadi salah satu factor penarik nasabah dari masing-masing Sistem Perbankan.

Perbedaan utama terletak pada prinsip atau kegiatan dari masing-masing Sistem Perbankan.Sistem Perbank Konvensional adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalulintas pembayaran secara umum berdasarkan prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Perbedaannya dapat dilihat pula dari aspek akad dan aspek legalitas, struktur organisasi, lembaga penyelesaian sengketa, usaha yang dibiayai, dan lingkungan kerja serta corporate culture/budaya.

Sistem Perbankan Syariah menerapkan prinsip-prinsip syariah, yang artinya seluruh aturan dan kebijakan pada bank tersebut diatur di bawah prinsip dan hukum Islami. Istilah Perbankan Syariah cukup sering kiranya terlintas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas