Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tribunners / Citizen Journalism

Sinyo, Dubes Paling Peduli

BANYAK event dan multi event olahraga internasional yang saya liput sejak 1982. Banyak pengalaman dan kenangan yang menempel di kepala saya. Tapi, ken

Sinyo, Dubes Paling Peduli
Rina Ayu
Duta Besar RI untuk Republik Filipina, Sinyo Harry Sarundajang 

OLEH: M. Nigara

BANYAK event dan multi event olahraga internasional yang saya liput sejak 1982. Banyak pengalaman dan kenangan yang menempel di kepala saya. Tapi, kenangan dan pengalaman khusus di SEA Games ke-30, Manila 2019, rasanya akan menjadi yang terbaik.

Bukan soal gamenya. Bukan juga soal pencapaian medali yang nyaris 100 persen dari perolehan di Seag-29, Kuala Lumpur. Bukan soal-soal teknis. Tapi ini soal yang berbeda sama sekali.

Adalah Duta Besar RI, Sinyo Harry Sarundajang, ya ini soal beliau. Sejak pertama bertemu di Bandara internasional Ninoy Aquiono, Manila, Filiphina, Sabtu dinihari (1/12/19), ada yang berbeda.

Meski sudah dinihari dan sudah agak lanjut usia (maaf Oom), senyum beliau terlihat sangat tulus, sangat bersahabat saat menyambut Menpora Zainudin Amali. Ya, senyum yang tidak dibuat-buat.

Maaf, banyak senyum yang selama ini diumbar saat menyambut tamu, gesturnya tidak tulus.

Kesan pertama saya langsung dijejali oleh sikap yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Sekali lagi, banyak -event_ dan multi event internasional yang saya liput, suasananya sangat berbeda. Pak Dubes, masih menyempatkan duduk sebentar sebelum meninggalkan hotel Diamond, Manila. Saat itu jam sudah menunjukkan 01.30.

Jujur, saya terkejut ketika muncul ke direstoran untuk sarapan pagi, Pak Dubes sudah di sana. Bahkan menurut salah satu stafnya Abun (Agus Buana), Pak Dubes sudah 30 menit.

Tepat jam 10.oo, Menpora Zainudin Amali, menuju dapur atlet. Pak Dubes ternyata ikut bersama menpora. Di dalam mobil Dubes, keduanya terlihat bercengkrama. Sejak itu, keduanya: Menpora dan Dubes nyaris tak terpisahkan.

Usut-punya-usut, keduanya ternyata bersahabat. Keduanya dari Sulawesi Utara, Menpora dari Gorontalo, Dubes dari Minahasa. Keduanya seperti seorang senior dan yunior, seperti adik-kakak.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas